Irwan Febri Rialdi
Potret aksi pemain Timnas Indonesia saat ditahan imbang Vietnam 0-0 di leg pertama semifinal Piala AFF 2022. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/hp)

Gol.bolatimes.com - Sejumlah pemain Timnas Indonesia tentunya bisa mendapatkan peluang besar untuk menjalani trial bersama sejumlah klub luar negeri andai Erick Thohir benar-benar terpilih sebagai Ketua Umum PSSI.

Pasalnya, jika Erick Thohir resmi mengambil alih kemudi Ketua Umum PSSI pada Kongres Luar Biasa (KLB) mendatang, ia bisa membuka jalan bagi para pemain Timnas Indonesia untuk meniti karier di luar negeri.

Erick Thohir memang memiliki jaringan yang luas setelah sempat memiliki sejumlah klub papan atas di dunia. Relasi inilah yang bisa dimanfaatkan untuk membantu pemain Timnas Indonesia mengembangkan kariernya.

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga klub luar negeri yang bisa menjadi tempat trial bagi pemain Timnas Indonesia andai Erick Thohir terpilih sebagai Ketua Umum PSSI.

1. Inter Milan

Erick Thohir tentunya masih memiliki hubungan dengan salah satu klub raksasa Liga Italia, Inter Milan. Sebab, ia pernah memiliki saham sebesar 70% di klub tersebut pada 2013 lalu.

Proses akuisisi ini bermula ketika Erick mendapatkan tawaran dari Presiden sekaligus pemilik klub Internazionale, Massimo Moratti. Akhirnya setelah proses yang panjang, ia resmi mengantongi saham 70% melalui International Sport Capital.

Namun, Erick memutuskan untuk melepas kepemilikan saham tersebut kepada perusahaan China, Suning Holding Group, pada 2016. Relasi Erick dengan klub ini tentunya bisa membawa pemain Indonesia untuk trial di sana.

2. DC United

Klub lainnya yang juga pernah dimiliki Erick Thohir ialah DC United. Klub sepak bola Amerika Serikat yang berkompetisi di Major League Soccer ini dimiliki Erick pada 2012.

Keputusan Erick membeli DC United kala itu tak terlepas dari situasi keuangan klub yang mengalami krisis. Di bawah asuhan Erick, DC United menjadi klub yang disegani.

Bahkan, mereka juga sukses membangun Audi Field, stadion berkapasitas 20 ribu penonton. Setelah sukses memperbaiki DC United, Erick akhirnya menjual klub tersebut.

Dengan relasi yang dimilikinya, ia bisa membawa pemain Timnas Indonesia untuk menjalani trial di sana, seperti yang pernah dialami Andik Vermansah.

3. Oxford United

Yang terbaru, Erick Thohir sempat membeli saham klub kasta ketiga Liga Inggris, Oxford United. Akuisisi ini dilakukan bersama pengusaha ternama lainnya, yakni Anindya Bakrie.

Sebelumnya, akuisisi itu diumumkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Oxford United pada 27 September 2022. Erick Thohir dan Anindya Bakrie resmi memiliki 51 persen saham.

Sebetulnya, Erick dan Anindya sudah lama masuk ke Oxford United, yakni sejak 2018. Ketika itu, kedua pihak berkolaborasi di bidang bisnis seperti industri media Indonesia.

Dengan demikian, Erick pun berpeluang besar untuk membawa para pemain Timnas Indonesia untuk bisa menjalani trial bersama klub kasta ketiga Liga Inggris tersebut.

Kontributor: M Faiz Alfarizie