Galih Prasetyo
Pemain Argentina Facundo Buonanotte (@facubuonanotte_)

Gol.bolatimes.com - Tim U-20 Argentina saat ini masih belum memastikan diri untuk tampil di Piala Dunia U-20 2023 yang berlangsung di Indonesia pada 20 Mei sampai 11 Juni 2023.

Demi bisa meraih tiket putaran final Piala Dunia U-20 2023, tim muda Argentina ini harus bisa minimal finish di empat besar Copa America U-20 yang berlangsung di Kolombia pada Februari 2023.

Pelatih tim Argentina U-20, Javier Mascherano seperti dikutip dari Mundoalbiceleste.com telah umumkan 23 pemain yang akan tampil di Kolombia.

Baca Juga:
Claudio Cassano Bakal Main di Piala Dunia U-20 2023 Indonesia, Ada Hubungan dengan Antonio Cassano?

Ke-23 pemain yang bermain di Copa America U-20 2023 ini diprediksi menjadi pemain yang akan dipanggil juga jika Argentina lolos ke Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.

Dari 23 pemain yang dipanggil Javier Mascherano, ada pemain muda dari klub Liga Inggris, Brighton & Hove Albion yang mendapat kehormatan memakai jersey nomor 10.

Seperti diketahui, nomor 10 merupakan nomor keramat di skuat Tim Tango. Nomor 10 di tim senior merupakan milik Lionel Messi. Nomor 10 juga pernah dipakai oleh mendiang legenda Diego Maradona.

Baca Juga:
Israel Sudah Tak Sabar Main di Piala Dunia U-20 2023 Indonesia, Siap Cetak Sejarah Baru

Lantas siapa Facundo Buonanotte? Pemain bernama lengkap Facundo Valentín Buonanotte merupakan jebolan dari akademi Rosario Central. Legenda Argentina, Mario Kempes pernah memperkuat klub ini.

Masih berumur 18 tahun, Buonanotte dianggap salah satu wonderkidd dari Argentina. Menimba ilmu di akademi Rosario dari 2014, Buonanotte promosi ke tim utama pada 2022.

Ia kemudian melakoni 32 laga dan mencetak 4 gol. Tugasnya memang tidak seperti Messi ataupun Maradona, ia adalah pemain yang bertugas menyusun skema serangan dan memberikan assit.

Baca Juga:
Persiapan Piala Dunia U-20 2023, Shin Tae-yong akan Gelar TC Mulai 1 Februari

Bounanotte rata-rata lepaskan 92 sepakan dari 100 percobaan yang mengarah ke peluang jadi gol saat main di Rosario. Selain itu, salah satu keahliannya ialah kecepatan dan dribbling.

Penampilannya yang cukup impresif membuat Buonanotte dilirik oleh klub Liga Inggris, Brighton. Awal tahun ini, Brighton rogoh kocek 5,3 juta poundsterling untuk memboyong Buonanotte.

Ketertarikan Brighton kepada Bounanotte tak lepas dari keberhasil klub Inggris ini memunculkan nama Alexis Mac Allister yang bersinar bersama Argentina di Piala Dunia 2022 Qatar.

Baca Juga:
5 Pemain Muda BRI Liga 1 yang Harus Dijajal Shin Tae-yong di Piala Dunia U-20 2022

Melansir dari laporan The Athletic, Bounanotte dianggap memiliki kapasitas dan kemampuan yang cukup mumpuni untuk terus jejak gemilang Mac Allister di Brighton.

"Dia bisa bermain sebagai pemain sayap, di kanan atau bahkan bisa menjadi pemain nomor 10," ucap pelatih Roberto De Zerbi.

"Dia memiliki potensi yang sangat besar dan bisa menjadi pemain penting bagi kami di musim ini," tambah pelatih asal Italia itu.

Bukan tidak mungkin jika Argentina U-20 lolos ke Piala Dunia U-20 2023, nama Facundo Buonanotte bakal jadi pujaan baru publik sepak bola Indonesia.