Rauhanda Riyantama
Trofi Piala AFF 2022. (Dok. TheThao247)

Gol.bolatimes.com - Berikut deretan negara yang kemungkinan akan berebut bergabung AFF andai Piala AFF nantinya masuk dalam agenda FIFA.

Bukan rahasia lagi jika Presiden FIFA, Gianni Infantino, memiliki rencana memasukkan Piala AFF ke dalam kalender atau masuk dalam agenda FIFA.

Hal ini diakuinya kala menghadiri leg kedua final Piala AFF 2022 yang berlangsung di Thailand, Senin (16/1) beberapa waktu lalu.

Baca Juga:
Usai Marselino Ferdinan, Persebaya Berpotensi Kehilangan Pemainnya yang Pindah ke Eropa

Kehadiran Gianni Infantino ke ajang ini tak lepas adanya undangan dari FA Thailand. Ini merupakan kali kedua orang nomor satu FIFA itu hadir ke Piala AFF, setelah sebelumnya hadir di Piala AFF 2020.

“Piala AFF harus ditingkatkan masuk ke agenda FIFA (FIFA Days). Kami harus memastikan ajang ini semakin berkembang. Saya yakin jika kita bekerjasama, Piala AFF akan menjadi semakin besar dengan persetujuan FIFA,” ujar Gianni infantino dikutip dari Zingnews.

“Turnamen ini dianggap sebagai acara penting di Asia Tenggara. Dengan populasi lebih dari 650 juta orang. Masyarakat di kawasan ini sangat menyukai sepak bola,” lanjutnya.

Baca Juga:
Segera Gabung Klub Liga Belgia, Marselino Ferdinan Banjir Dukungan dari Bonek

Dengan adanya rencana ini, Piala AFF pun kemungkinan akan masuk dalam kalender FIFA. Jika hal ini terjadi, ada beberapa negara yang kemungkinan mengantre untuk bergabung AFF.

Kira-kira siapa saja negara yang kemungkinan akan mengantre untuk bergabung AFF seiring ada rencana Piala AFF masuk kalender FIFA? Berikut daftarnya.

1. India

Baca Juga:
Digadang-gadang Bergabung ke Beerschot VA, Marselino Ferdinan bakal Satu Tim dengan Pemain Keturunan Ini

India merupakan salah satu negara yang tergabung di Federasi Sepak Bola Asia Selatan atau SAFF. Beberapa waktu lalu, negara ini berencana berpindah federasi ke AFF.

Hal ini dimaksudkan agar India mendapat lawan sepadan. Bahkan, rencana ini mendapat sambutan dari AFF. Sehingga jika Piala AFF masuk kalender FIFA, negara ini pun kemungkinan besar akan merealisasikan rencana pindah federasi ini.

2. Australia

Baca Juga:
Legenda Timnas Indonesia Dukung Marselino Ferdinan Berkarier di Luar Negeri, Ini Alasannya

Australia sejatinya merupakan bagian dari Konfederasi Oseania atau OFC. Tapi, Socceroos beberapa kali ikut serta dalam ajang-ajang yang dihelat AFC.

Karena secara geografis Australia dekat dengan Asia Tenggara, negara ini sudah menjadi bagian AFF. Jika Piala AFF masuk kalender FIFA, maka Socceroos pun kemungkinan besar akan berpartisipasi di ajang ini.

3. Rusia

Bukan rahasia lagi jika Rusia berencana bergabung Konfederasi Asia atau AFC. Rencana ini lahir karena adanya sanksi dari UEFA.

Jika Piala AFF menjadi agenda FIFA, Rusia pun tentu akan mencoba bergabung AFF agar bisa berkompetisi di ajang resmi FIFA akibat sanksi ini.

4. Belarusia

Senada dengan Rusia, Belarusia juga mendapat sanksi FIFA karena dukungannya terhadap Rusia atas invasi ke Ukraina.

Belarusia pun berencana ambil bagian di AFC dan kemungkinan akan mencoba peruntungan di Piala AFF jika ajang tersebut resmi masuk agenda resmi FIFA.

5. Afghanistan

Afghanistan sejatinya merupakan negara yang tergabung di Federasi Asia Tengah atau CAFA. Tapi, negara ini sebelumnya tergabung di Sepak Bola Asia Barat atau WAFF.

Karena dikenal sebagai kutu loncat, Afghanistan pun bisa saja memilih bergabung AFF karena gengsi kompetisi ini yang akan melambung jika masuk dalam agenda resmi FIFA.

Kontributor: Felix Indrajaya