Husna Rahmayunita
Skuad Timnas Indonesia sebelum menghadapi Timnas Filipina dalam laga lanjutan Grup A Piala AFF 2022 di Rizal Memorial Stadium, Manila, Filipina, Senin (2/1/2023). Indonesia berhasil menang 2-1 atas Filipina (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/wsj)

Gol.bolatimes.com - Timnas Indonesia memiliki pemain baru setelah gagal menembus final Piala AFF 2022. Ini tak lain karena Shayne Pattynama yang resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI)

Setelah melalui proses yang memakan waktu, naturalisasi Shayne Pattynama akhirnya rampung. Dia menyusul Jordi Amat dan Sandy Walsh yang lebih dulu menjadi pemain naturalisasi Timnas Indonesia.

Kehadiran Shayne Pattynama, menurut media Vietnam, TheThao247 menjadi kabar baik bagi Timnas Indonesia. Setelah gagal menembus final Piala AFF 2022, Skuad Garuda ketambahan amunisi baru untuk mengarungi kejuaraan selanjutnya.

"Sepak bola Indonesia mendapat kabar baik lagi di awal tahun 2023 ketika ada bek kiri naturalisasi asal Belanda, Shayne Pattynama," tulis The Thao 247, dikutip Selasa (25/1/2023).

Shayne Pattynama menjalani sumpah WNIKamis (24/1/2023). Artinya, selangkah lagi, dia bisa membela Timnas Indonesia.

Pemain kelahiran 1998 itu menempati posisi bek kiri di klub yang dibelanya saat ini, Viking FK. Shayne Pattynama memiliki garis keturunan Indonesia melalui sang ayah yang lahir di Semarang.

Shayne Pattynama mewujudkan mimpi ayahnya yang ingin sang putra membela Timnas Indonesia. Dia tak sabar bergabung ke Skuad Garuda.

Diprediksi, pemain berpostur 180 cm itu bisa debut membela Timnas Indonesia di FIFA Matchday Maret 2023 bersama para pemain lainnya.

"Di FIFA Days pada 20-28 Maret 2023, Shayne Pattynama sudah bisa bermain untuk Timnas Indonesia,"

"Pemain ini secara pribadi mengatakan sangat ingin bertemu dengan pelatih Shin Tae Yong untuk mengobrol langsung," pungkasnya.