Rauhanda Riyantama
Penyerang Newcastle United, Allan Saint-Maximin. (AFP)

Gol.bolatimes.com - Mengecek fakta rumor bahwa penyerang Newcastle United, Allan Saint-Maximin, bakal dinaturalisasi Timnas Indonesia. Benar atau hoax semata?

Belum lama ini, jagat TikTok dihebohkan dengan unggahan video akun bernama @piala_dunia_oficial yang mengunggah video Allan Saint-Maximin dari Newcastle United.

Dalam unggahan video tersebut, tertulis bahwa penyerang berusia 25 tahun itu merupakan striker gacor dari Afrika dan memiliki darah Indonesia.

Baca Juga:
Dirumorkan Gabung Jeonnam Dragons, Asnawi Mangkualam Dipuji Selangit

Lalu dalam video tersebut juga tertulis quote atau kutipan bahwa Saint-Maximin berencana membela Timnas Indonesia bersama Elkan Baggott.

“Saya memiliki darah keturunan di sana. Saya pikir tak ada salahnya bermain bersama temanku Elkan Baggott. Saya ingin memperkuat Timnas Indonesia di Piala Asia,” begitu kutipan yang tertulis di video tersebut.

 

Baca Juga:
Ditanya Soal Tekanan Tinggi Suporter Timnas Indonesia, Shayne Pattynama Beri Jawaban Mengesankan

Sontak hal ini jadi perbincangan di kalangan TikTokers atau pengguna TikTok. Bahkan ada netizen yang memberikan komentar mendukung Saint-Maximin membela Timnas Indonesia.

Tapi setelah ditelusuri lebih lanjut, video maupun kutipan yang diunggah akun @piala_dunia_oficial itu sepenuhnya hoax atau bualan semata.

Sebab, perkataan maupun ucapan Saint-Maximin dalam video tersebut disalahartikan oleh akun tersebut dengan menyebut dirinya akan membela Timnas Indonesia.

Baca Juga:
Dampak Positif Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023

Padahal, ucapan Saint-Maximin dalam video tersebut berbunyi: ‘Kami (Newcastle) punya tim hebat, kami punya manajer hebat untuk terus bersaing dan jika kami memenangkan lebih banyak laga, maka kami akan aman. Itu akan memakan waktu, namun (video terpotong)’.

Tapi kutipan asli tersebut disalahartikan oleh akun @piala_dunia_oficial dengan menyebut bahwa Saint-Maximin akan membela Timnas Indonesia dan menyeret nama Elkan Baggott.

Video ini juga termasuk hoax karena Saint-Maximin sendiri tak punya darah Indonesia sama sekali. Sehingga, mustahil dirinya membela Timnas Indonesia dalam waktu dekat.

Baca Juga:
Shayne Pattynama Ternyata Digoda Gabung Klub BRI Liga 1, Ini Respons Tegasnya

Penyerang Newcastle United, Allan Saint-Maximin. (AFP)

Diketahui, Allan Saint-Maximin merupakan pemain kelahiran Prancis dan memiliki darah Guadeloupe serta Guiana yang merupakan wilayah jajahan Prancis di bagian Amerika.

Adapun di awal kariernya, penyerang berusia 25 tahun ini membela Prancis yang merupakan tanah kelahirannya di level kelompok umur.

Ia tercatat pernah membela timnas Prancis U-16 hingga U-21, tanpa sekalipun pernah dipanggil membela tim senior Les Bleus.

Kesempatannya membela Timnas senior Prancis di pentas internasional pun terbuka lebar, mengingat Saint-Maximin belakangan telah menunjukkan tajinya dengan menjadi andalan Newcastle United.

Sejak bergabung Newcastle United pada musim 2019/2020 lalu, Saint-Maximin mampu menjadi andalan kubu The Magpies di sektor winger kiri.

Tercatat 13 gol dan 19 assist telah diberikannya kepada Newcastle United dari 109 penampilan. Andai Allan Saint-Maximin bisa konsisten mencetak gol dan terbebas dari cedera, besar peluang baginya untuk menembus Timnas Prancis.

Kontributor: Felix Indrajaya