Galih Prasetyo
Momen pesta pernikahan pelatih Jeonnam Dragons, Lee Jang-kwan (sports-g.com)

Gol.bolatimes.com - Asnawi Mangkualam bakal segera bergabung ke klub K-League 2, Jeonnam Dragons. Asnawi Mangkualam kemarin, Rabu (250/11/2023) bahkan sudah menjalani tes medis sebagai rangkaian kepindahan dari Ansan menuju Jeonnam Dragons.

Pelatih Jeonnam Dragons, Lee Jang-kwan buka suara kedatangan pemain andalan Timnas Indonesia itu. Menurut Lee, ia punya alasan kuat soal perekrutan Asnawi Mangkualam.

Menurut Lee, pada pertandingan tahun lalu antara Ansan melawan Jeongnam, ia memperhatikan betul gaya permainan Asnawi Mangkualam. Menurutnya, Asnawi merupakan pemain yang memiliki kecepatan dan kekuatan.

Baca Juga:
Resmi ke Jeonnam Dragons, Asnawi Mangkualam bakal Jadi Rival Anak Shin Tae-yong di K League 2

"Tahun lalu, ketika mereka (Ansan) melawan tim kami, saya pikir dia adalah pemain yang bagus. Asnawi memiliki kekuatan, aktivitas dan skill yang sangat baik. Dia juga memiliki mentalitas bagus," ucap Lee seperti dilansir dari besteleven.com

Bergabung ke Jeonnam dan dilatih oleh Lee Jang-kwan, Asnawi diprediksi akan bisa memacu kariernya menjadi lebih baik di Liga Korsel.

Lee Jang-kwan sebelum menjadi pelatih merupakan seorang full back kanan, posisi yang sama dengan Asnawi Mangkualam.

Baca Juga:
Asnawi Mangkualam Bikin Heboh di Medsos, Begini Respon Pelatih Jeonnam Dragons

Lee lahir di Seoul pada 4 Juli 1974. Karier pertamanya sebagai pesepak bola dimulai saat ia bergabung ke tim akademi Ajou University. Di awal kariernya, Lee ternyata pernah berposisi sebagai winger sayap kanan dengan keunggulan kaki kidalnya.

Karier profesional dimulai saat ia bergabung ke Busan Daewoo Royals, cikal bakal klub Busan I-Park. Di klub ini, Lee mulai ditempatkan sebagai full back kanan.

Puluhan tahun Lee membela Busan I-Park, termasuk ikut mengantarkan klub ini menjadi juara K-League 1 pada 1997. Lee Jang-kwan juga ikut mengantarkan Busan I-Park menjadu juara Korean FA Cup pada 2004.

Baca Juga:
Rekrut Asnawi Mangkualam, Pelatih Jeonnam Dragons Akui Dapat Rekomendasi Shin Tae-yong

Pendukung Busan I-Park sangat kagum dengan Lee, ia dianggap salah satu pemain besar klub tersebut. Ia total memainkan 348 pertandingan di semua kompetisi di Busan I-Park.

Hingga saat ini, Lee jadi pemain yang penampilan terbanyak bersama Busan I-Park sepanjang masa. Selain soal torehan gelar juara, Lee juga sangat dikenang oleh pendukung Busan I-Park.

Hal ini lantaran Lee pada 24 Maret 2002 bikin heboh usai pertandingan melawan Ulsan Hyundai di Stadion Gudeok. Saat jeda babak pertama, Lee melangsungkan pernikahan di lapangan stadion.

Baca Juga:
Terkuak! Ini Omongan Shin Tae-yong Soal Asnawi Mangkualam yang Bikin Jeonnam Dragons Kepincut

"Yang lebih menakjubkan ia kembali bermain di babak kedua setelah menggelar pesta pernikahan," tulis salah satu media Kors tulis sports-g.com

Lee usai pertandingan menegaskan bahwa ia memang merencanakan untuk bisa menikahi kekasihnya di tengah pertandingan. Menurutnya, momen paling bahagia ini wajib ia bagikan kepada seluruh penggemar di stadion. 

"Tentu saja saya pikir saya harus memberi tahu kepada para penggemar tentu berita pernikahan ini. Saya ingin menerima ucapan selamat dari para penggemar yang sudah seperti keluarga" ungkap Lee.

Ia pun jadi deretan pemain Korsel yang pernah menikahi kekasihnya di lapangan stadion, seperti yang dilakukan oleh Byun Jae-seop pada 2001 dan Park Gun-ha pada November 2002.