Rauhanda Riyantama
Kolase Asnawi Mangkualam dan Jeonnam Dragons. (Instagram/@asnawi_bhr)

Gol.bolatimes.com - Kabar bergabungnya Asnawi Mangkualam ke Jeongnam Dragons memang cukup mengejutkan, di samping itu sejumlah fakta menarik patut diketahui khalayak ramai perihal klub ini.

Karier Asnawi Mangkualam di kompetisi sepak bola kasta kedua Liga Korea Selatan berlanjut, namun rumor kepergian dari Ansan Greeners menjadi yang paling menarik dinantikan.

Jeongnam Dragons disebut-sebut sebagai tim yang akan menjadi labuhan baru bagi Asnawi Mangkualam, kontestan K-League 2 sama seperti Ansan Greeners.

Baca Juga:
Beredar Video Bus Arema FC Dilempar Batu, Tiga Orang Dilaporkan Jadi Korban

Namun dengan nasib yang kurang mujur, meskipun kompetisi kasta kedua di Korea tak menerapkan sistem degradasi, namun posisi juru kunci tetap dipandang remeh.

Terlepas dari itu, sejumlah fakta menarik perihal Jeongnam Dragons ini perlu diketahui, mengingat latar belakang tim yang ternyata cukup mengejutkan.

1. Usia Klub

Baca Juga:
Kalah Tipis dari Persib Bandung 1-0, Pelatih Borneo FC Beberkan Alasannya

Klub ini memiliki sejarah lebih panjang ketimbang Ansan Greeners, berdiri pada 16 Desember 1994 atau nyaris 30 tahun sudah mengudara di Liga Korea.

Meski begitu usia tim ini tergolong sangat muda, pun jika dibandingkan dengan PSM Makassar, eks klub Asnawi di Indonesia selisih mencapai 79 tahun.

2. The Invincibles

Baca Juga:
Pamer Foto Bareng Lisa BLACKPINK, Neymar Digoda Netizen Jalin Hubungan Serius

Di tahun 1997, tiga tahun setelah berdiri tepatnyanya tim ini mencatatkan rekor tak terkalahkan hingga dijuluki The Invincibles dengan 21 laga tanpa kalah.

Selain itu, Jeongnam pernah bertengger di peringkat kedua K-League 1 di musim 1997-1997 dengan raihan 36 poin dari 18 pertandingan.

3. Piala Winners Asia

Baca Juga:
3 Alasan Arsenal bakal Juarai Liga Inggris Musim 2022/2023

Sebelum dikenal Liga Champions Asia, ajang ini dinamakan Piala Winners dan sempat digelar di kancah Asia dengan mempertemukan pemenang kompetisi domestik.

Jeongnam Dragons pernah ambil bagian di Piala Winners 1998-1999 bahkan keluar sebagai runner-up di kompetisi bergengsi Asia itu.

4. 4 Kali Juara Piala FA

Jeongnam termasuk klub besar, meski saat ini hanya bermain di kasta kedua Liga Korea Selatan, mereka punya trofi bergengsi yakni Piala FA Korea Selatan sebanyak 4 kali.

Masing-masing diraih pada 1997, kemudian dua kali bertutut pada 2006 dan 2007 kemudian teranyar pada 2021 lalu.

5. Juru Kunci

Jika Asnawi bergabung Jeongnam, bisa jadi langkah itu menjadi penurunan bagi kariernya pasalnya klub ini tengah bertengger di dasar klasemen sementara K-League 2.

Berada di peringkat ke-11 dengan raihan 35 poin, terpaut dua poin dari Ansan yang berada di peringkat ke-9, hanya mampu meraih 6 kemenangan dan 17 jasil imbang dari 40 laga.

Kontributor: Eko