Galih Prasetyo
Selebrasi David da Silva usai cetak gol saat Persib Bandung kalah lawan Borneo FC dengan skor 1-4. (Dok. Persib Bandung)

Gol.bolatimes.com - Dua striker asal Brasil, David Da Silva yang memperkuat Persib dan Matheus Pato yang membela Borneo FC puncaki daftar top skor BRI Liga 1 2022-23.

David Da Silva saat ini mengoleksi 15 gol sementara Pato hanya selisih 3 gol saja. Di bawah mereka ada striker naturalisasi Timnas Indonesia, Ilja Spasojevic dengan koleksi 11 gol.

Moncernya dua striker Brasil di BRI Liga 1 musim ini rupanya menarik perhatian media asing. Salah satu media lokal Brasil, Sambafoot.com mengulas bagaimana dua bomber itu bisa begitu moncer di Indonesia.

Baca Juga:
Daftar Top Skor Sementara BRI Liga 1 2022: Matheus Pato Tempel David da Silva

"David Da Silva adalah pencetak gol terbanyak di kompetisi Indonesia. Selain mencetak 15 gol, ia juga menorehkan 3 asisst," tulis media Brasil tersebut.

David Da Silva menghabiskan waktu profesionalnya sebagai pesepak bola di Brasil dengan bermain di Gremio Barueri, Taboao de Serra (CATS) sebelum memutuskan merantau ke luar Brasil.

"Namun kesuksesannya ada di sepak bola Asia. Apalagi di Indonesia yang sudah tiga musim ia berada di sana. Sebelum gabung ke Persib, ia sempat bermain untuk Persebaya,"

Baca Juga:
Hasil BRI Liga 1: Gol Tunggal David Da Silva Bawa Persib Bandung Tundukkan Madura United

Selain Da Silva, media lokal Brasil itu juga menyoroti soal striker milik Borneo FC, Matheus Pato. Ia dianggap jebolan Fluminense yang mampu tancapkan kemampuannya meski baru pertama main di Indonesia.

Tidak hanya Da Silva dan Pato yang diulas, ada juga stiker Brasil lainnya seperti Rafael Silva yang jadi mesin gol untuk Barito Putra. Lalu ada Eber Bessa milik Bali United, Lulinha yang membela Madura United, serta Everton Nascimento andalan PSM Makassar.

"Sepak bola Indonesia mungkin belum terlalu diminati. Namun ada pemain Brasil yang sukesa di sana,"

Baca Juga:
Daftar Susunan Pemain Persib Bandung vs Persija Jakarta: David Da Silva Cadangan, Krmencik Tumpuan Macan Kemayoran