Arif Budi Setyanto
Pesepak bola Shayne Pattynama berpose dengan bendera Merah Putih usai pembacaan sumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) di Jakarta, Selasa (24/1/2023). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.

Gol.bolatimes.com - Klub Belanda, FC Utrecht ikut senang dengan rampungnya proses naturalisasi Shayne Pattynama. Mereka memberikan ucapan via akun Instagram resmi.

Shayne Pattynama resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) usai menjalani sumpah di Kantor Kemenkumham DKI Jakarta, Selasa (24/1/2023).

Ia mengaku tidak sabar ingin bertemu teman-temannya di Timnas Indonesia. Bukan tanpa alasan, proses naturalisasi pemain yang lahir di Belanda ini sangat lama.

Baca Juga:
Trial di KAA Gent, Marselino Ferdinan Punya Pesaing Berat Bernama Hyun-seok Hong, Siapa Dia?

"Saya ingin bertemu dengan rekat setim saya di Timnas Indonesia, dan saya tak sabar untuk itu karena proses saya [jadi WNI] cukup panjang," terang Shayne usai pengambilan sumpah WNI.

Nah ternyata, rampungnya proses naturalisasi Shayne ini mendapatkan sorotan dari FC Utrecht. Via akun Instagram, klub Belanda ini memberikan selamat.

"Shayne Pattynama, dilatih oleh FC Utrecht dan memulai debut dalam sepak bola profesional di FC Utrecht telah dinaturalisasi ke Indonesia dan bisa bemain untuk timnas Indonesia," tulisnya di keterangan postingannya.

Baca Juga:
Tekad Membara Asnawi Mangkualam usai Resmi Direkrut Jeonnam Dragons

Bukan hanya itu, FC Utrecht juga menyebut ada beberapa mantan pemainnya yang lebih dulu dinaturalisasi untuk membela timnas Indonesia, yaitu Marc Klok, Stefano Lilipaly, dan Irfan Bachdim.

Melansir dari Transfermarkt, Shayne pertama kali gabung ke tim muda FC Utrecth pada 2010 silam. Ia sempat bermain untuk tim U-17 hingga U-21.

Kebersamaannya bersama FC Utrecht tersebut berakhir pada 2019 karena Shayne hengkang ke Telstar. Lalu kini ia melanjutkan kariernya di klub Norwegia bersama Viking FK.

Baca Juga:
Profil KAA Gent, Tim Elite Belgia yang Kabarnya Jadi Klub Baru Marselino Ferdinan