Profil Sharul Nazeem, Bek Timnas Malaysia yang Ejek Pemain Myanmar karena Gagal Penalti

Baru pertandingan pertama, tapi sudah sesumbar

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Kamis, 22 Desember 2022 | 10:56 WIB
Bek Timnas Malaysia, Sharul Nazeem. (Instagram/@sharulnazeem44)

Bek Timnas Malaysia, Sharul Nazeem. (Instagram/@sharulnazeem44)

Gol.bolatimes.com - Bek Timnas Malaysia, Sharul Nazeem, menuai sorotan setelah mengejek pemain Timnas Myanmar, Win Naing Tun, yang gagal mengeksekusi penalti saat kedua tim berjumpa pada laga pertama Grup B Piala AFF 2022.

Aksi Sharul Nazeem yang mengejek Win Naing Tun itu terjadi ketika Myanmar berpeluang untuk mencetak gol penyama kedudukan via penalti setelah terjadi handball di kotak penalti Malaysia.

Wasit Ahmed Faisal Mohammad Al Ali pun menunjuk titik putih. Namun, saat mengeksekusi penalti tersebut, Win Naing Tun gagal menuntaskan tugasnya dengan baik.

Sepakannya ke sisi kiri gawang Malaysia sukses dibaca dan akhirnya dihalau oleh kiper Syihan Hazmi. Pada momen inilah, Win Naing Tun tersungkur karena gagal mengeksekusi penalti.

Dia langsung dikerubungi tiga pemain Malaysia, salah satunya yakni Sharul Nazeem yang tampak memperlihatkan gestur ejekan kepada striker Myanmar tersebut.

Profil Sharul Nazeem

Sharul Nazeem merupakan pesepak bola yang berposisi sebagai bek tengah. Dia lahir di Gombak, Selangor, pada 16 November 1999.

Pemain yang kini telah berusia 23 tahun itu mengawali perjalanannya berlatih sepak bola bersama Mercerra United pada rentang 2017-2018. Klub lokal ini berkompetisi di kasta ketiga.

Kemudian, dia bergabung dengan tim junior Selangor pada 2018 dan mendapat kesempatan promosi ke Selangor II hingga ditunjuk menjadi kapten tim.

Sepanjang gelaran Liga Primer Malaysia 2020, dia memainkan seluruh pertandingan dan membantu timnya mencapai peringkat ketujuh klasemen akhir.

Baru pada 2 Desember 2020, Sharul mendapatkan kesempatan promosi ke tim utama Selangor menjelang bergulirnya Liga Super Malaysia 2021.

Debutnya bersama tim beralias Gergasi Merah ini tercipta pada 6 April 2021. Ketika itu, Selangor menghadapi Kedah Darul Aman pada laga Liga Super Malaysia.

Adapun gol pertamanya untuk Gergasi Merah tercipta pada 3 Agustus 2021, ketika menjaringkan bola ke gawang UiTM untuk membawa timnya menang 2-0.

Satu-satunya pencapaian terbaik yang pernah ditorehkan Sharul Nazeem di level tertinggi ialah mengantarkan Selangor FC melaju hingga partai final Piala Malaysia 2022.

Sayangnya, Sharul Nazeem dan kawan-kawan harus puas menjadi runner-up karena tumbang dari raksasa Malaysia, Johor Darul Takzim, di partai final.

Sebetulnya, Sharul Nazeem sudah pernah dipanggil untuk memperkuat timnas Malaysia U-19 hingga U-23, tapi tak pernah mencatatkan caps di level internasional.

Adapun pemanggilan pertamanya untuk timnas Malaysia terjadi pada Oktober 2021 saat Harimau Malaya bersiap menghadapi uji coba melawan Yordania dan Uzbekistan.

Namun, ia gagal tampil karena mengalami cedera hamstring. Debutnya bersama Harimau Malaya baru tercipta pada 25 September 2022 ketika kalah dari Tajikistan pada partai final King’s Cup 2022 di Thailand.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak