Kisah Emiliano Martinez, Si Tengil dari Kasta Keempat hingga Jadi Juara Piala Dunia 2022

Lika-liku perjalanan hidup Emiliano Martinez.

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Sabtu, 24 Desember 2022 | 15:00 WIB
Emiliano Martinez melakukan selebrasi setelah Argentina lolos ke final Piala Dunia 2022. (Instagram/@emi_martinez26)

Emiliano Martinez melakukan selebrasi setelah Argentina lolos ke final Piala Dunia 2022. (Instagram/@emi_martinez26)

Gol.bolatimes.com - Mengenang perjalanan karier Emiliano Martinez dari bawah hingga kini berhasil menjadi pahlawan Argentina saat menjuarai Piala Dunia 2022.

Nama Emiliano Martinez menjadi perbincangan hangat sepanjang final Piala Dunia 2022 itu. Hal tersebut dikarenakan aksi heroiknya sepanjang laga kontra Prancis, Minggu (18/12).

Kiper berusia 30 tahun ini menjadi pahlawan Argentina setelah membuat penyelamatan gemilang di akhir-akhir laga saat menepis sepakan Randal Kolo Muani.

Aksi heroiknya di akhir laga itu membuat Argentina dan Prancis bermain imbang 3-3, sehingga laga dilanjutkan di adu penalti.

Di babak adu penalti, kiper milik Aston Villa ini kembali menunjukkan kualitasnya dengan menepis sepakan lawan sehingga membuat Argentina berhasil menjadi juara Piala Dunia 2022.

Keberhasilannya menjadi penentu kemenangan Argentina atas Prancis dan menjadi juara Piala Dunia 2022 membuat nama Emi Martinez pun diperbincangkan.

Apalagi dengan selebrasi nyelenehnya usai memastikan Argentina menjadi juara Piala Dunia 2022, yang membuatnya kian menjadi sorotan.

Kiper Argentina, Emiliano Martinez, berpose dengan penghargaan Sarung Tangan Emas FIFA usai final Piala Dunia Qatar 2022 melawan Prancis di Stadion Lusail di Lusail, utara Doha pada 18 Desember 2022. (AFP/Kirill Kudryavtsev)
Kiper Argentina, Emiliano Martinez, berpose dengan penghargaan Sarung Tangan Emas FIFA usai final Piala Dunia Qatar 2022 melawan Prancis di Stadion Lusail di Lusail, utara Doha pada 18 Desember 2022. (AFP/Kirill Kudryavtsev)

Terlepas dari aksi nyelenehnya, Emi Martinez menghadapi perjalanan karier berliku-liku hingga sampai ke titik di mana ia menjadi penentu negaranya menjuarai Piala Dunia 2022.

Lantas, bagaimana perjalanan karier berliku yang dihadapi Emiliano Martinez? Berikut rangkumannya.

Dari Kasta ke-4 hingga Juara Piala Dunia 2022

Emiliano Martinez yang lahir pada 2 September 1992, memulai karier profesionalnya di usia 15 tahun saat bergabung tim muda Independiente U-20.

Di klub itu ia bertahan pada hingga usianya 17 tahun sebelum akhirnya mendapat tawaran trial dari Arsenal yang membuatnya terbang ke Inggris.

Tawaran ini sejatinya sulit diterimanya yang harus meninggalkan keluarganya. Namun dengan alasan ingin membantu keluarganya, Emi Martinez kemudian hijrah ke London.

Selama di Arsenal, Emi Martinez memberikan separuh gajinya untuk sang keluarga agar bisa membayar utang yang menumpuk.

Selama di Inggris, Emi Martinez kesulitan tampil bagi Arsenal di musim pertamanya karena belum mendapatkan paspor untuk bekerja, mengingat usianya baru 17 tahun.

Usai mendapatkan paspor, ia tak lantas masuk ke tim utama. Malahan, Arsenal meminjamkannya ke klub kasta keempat yakni Oxford United.

Peminjaman kemudian berlanjut ke klub-klub lainnya. Tercatat, ia pernah dipinjamkan ke Sheffield Wednesday, Rotherham United, dan Wolverhampton Wanderers dari 2012 hingga 2016.

Usai dipinjamkan ke berbagai klub Inggris, Arsenal juga belum memberikannya kesempatan di tim utama dan meminjamkannya ke Getafe dan Reading pada 2017 hingga 2019.

Pada musim 2019/2020, barulah Emi Martinez bisa mendapatkan tempatnya di Arsenal. Itupun didapatkan pada Juni 2020 saat kiper utama The Gunners, Bernd Leno cedera.

Karena kiper utama cedera, Emi Martinez menjadi andalan di bawah mistar bagi Arsenal dan berhasil menunjukkan kualitasnya sehingga The Gunners keluar sebagai juara Piala FA 2019/2020.

Setelah menjuarai Piala FA 2019/2020, Emi Martinez membawa Arsenal menjuarai Community Shield 2020. Siapa sangka, laga Community Shield menjadi laga terakhirnya bareng The Gunners.

Karena sembuhnya Bernd Leno, Emi Martinez kemudian bergabung Aston Villa pada September 2020 dan bertahan di Villa Park hingga saat ini.

Sedangkan di tim nasional, Emi Martinez baru mendapatkan debutnya pada 2021 lalu, tepatnya pada 4 Juni di era Lionel Scaloni.

Sejak debutnya itu, Emi Martinez menjadi penjaga gawang utama Argentina dan penentu La Albiceleste menjadi juara Copa America 2021, termasuk saat dirinya menepis penalti kontra Kolombia di semifinal.

Performa apiknya pun berlanjut ke Piala Dunia 2022, di mana Emi Martinez mampu membawa Argentina juara dengan penampilan gemilangnya baik di waktu normal dan drama adu penalti.

Karena penampilan di Piala Dunia 2022 ini, Emi Martinez pun berhak menyabet gelar Golden Glove atau kiper terbaik di ajang empat tahunan tersebut.

 

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak