3 Alasan Zinedine Zidane Cocok Latih Timnas Brasil Gantikan Tite

Berikut alasan Zinedine Zidane cocok latih Timnas Brasil.

Husna Rahmayunita
Selasa, 27 Desember 2022 | 06:00 WIB
Eks Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane (Javier Soriano/AFP)

Eks Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane (Javier Soriano/AFP)

Gol.bolatimes.com - Zinedine Zidane dikabarkan masuk ke dalam bursa calon pelatih baru Timnas Brasil. Saat ini, Tim Samba memang tengah mencari pengganti Tite.

Dikabarkan oleh media asal Prancis, L'Equipe, Federasi Sepak Bola Brasil (CBF) menginginkan pelatih asing untuk mengisi kekosongan kursi yang ditinggalkan Tite.

"CBF berharap untuk menunjuk pelatih asing setelah Tite berhenti menyusul tersingkirnya Brasil di perempat final Piala Dunia [2022] secara mengejutkan,"

"Mauricio Pochettino, Thomas Tuchel atau Rafael Benitez adalah beberapa di antara yang telah dikaitkan dengan peran pelatih Brasil," lanjut laporan tersebut. 

Adapun, Tite mundur dari kursi kepelatihan Brasil usai 'Tim Samba' kalah dari Kroasia di babak 8 besar Piala Dunia 2022. Lantas, apakah Zidane pilihan yang tepat? Berikut alasan-alasan Zidane cocok latih Brasil.

1. Bukti Prestasi

Selama menjalani karier sebagai pelatih, Zidane baru membesut Real Madrid. Meski begitu, pelatih muslim ini punya torehan impresif bersama Los Blancos.

Ia memenangi 2 gelar Liga Spanyol, 3 Liga Champions, 2 Copa del Rey, 2 Piala Dunia Antarklub, dan 2 Piala Super UEFA. Torehan ini meunjukkan bahwa Zidane adalah pelatih berprestasi.

2. Bisa Tangani Pemain Bintang

Meski pengalamannya belum terlalu banyak dan lama sebagai pelatih, Zidane terbukti mampu mengendalikan ruang ganti yang dipenuhi para pemain bintang.

Hal ini bisa ia tunjukkan ketika melatih Real Madrid yang bertabur bintang macam Cristiano Ronaldo, Sergio Ramos, hingga Luka Modric.

Suara Zidane masih menjadi yang paling lantang di dalam ruang ganti sehingga kondisi tim Real Madrid selama dilatih olehnya terbilang kondusif.

Pengalaman ini tentunya akan sangat membantunya dalam menangani Timnas Brasil yang banyak dihuni oleh para pemain bintang.

3. Perubahan Strategi

Hadirnya Zinedine Zidane juga bisa memberi suasana permainan baru buat Brasil. Zidane juga dikenal mengedepankan sepak bola menyerang yang identik dengan permainan Selecao.

Salah satu aspek yang dinilai banyak pundit sangat dibutuhkan oleh Brasil saat ini adalah transformasi gaya bermain. Zidane dengan pengalamannya menangani tim sebesar Madrid cukup menjanjikan.

Terlebih, selama ini Brasil sebetulnya tidak kekurangan pemain potensial dan berbakat. Dengan racikan Zidane, potensi para pemain seperti Vinicius Jr, Richarlison, Rodrygo, hingga Lucas Paqueta bisa semakin terasah.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

TERKINI

Presiden Jokowi belum mendapat laporan dari Ketum PSSI.
indonesia | 12:02 WIB
Shayne Pattynama semangati junornya di Timnas Indonesia. U-20.
indonesia | 11:04 WIB
Striker Timnas Indonesia U-20 takut Indonesia di-banned FIFA lagi.
indonesia | 10:42 WIB
Justin Hubner mungkin akan mengurungka niatnya untuk menjadi WNI
indonesia | 10:38 WIB
FIFA masih belum mengumumkan tuan rumah baru Piala Dunia U-17 2023. Event ini cocok untuk Indonesia karena tidak ada Israel
indonesia | 10:29 WIB
Shin Tae-yong tak ingin tak pemain Timnas Indonesia U-20 melihatnya sedang kecewa
indonesia | 07:57 WIB
Puji-puji Indonesia, lalu memberikan luka. Itulah FIFA
indonesia | 07:49 WIB
Dengan ini, timnas Indonesia U-20 tidak akan tampil di Piala Dunia U-20.
indonesia | 20:00 WIB
Respons berkelas Boaz usai Indonesia batal jadi tuan rumah Piala Dunia U-20.
indonesia | 18:55 WIB
Tampilkan lebih banyak