Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Filipina: Formasi 3 Bek, Egy Maulana Starter Lagi?

Shin Tae-yong kemungkinan akan menggunakan formasi super menyerang saat melawan Filipina dengan menang telak

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Jum'at, 30 Desember 2022 | 19:00 WIB
Selebrasi winger Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri, di Piala AFF 2022. (Dok. PSSI)

Selebrasi winger Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri, di Piala AFF 2022. (Dok. PSSI)

Gol.bolatimes.com - Membedah formasi yang akan digunakan Timnas Indonesia saat menghadapi Filipina pada laga terakhir grup A Piala AFF 2022.

Timnas Indonesia akan melakoni partai penentuan untuk memastikan tiket ke babak semifinal Piala AFF 2022 kala melawat ke markas Filipina, Rizal Memorial Stadium, Senin (2/1/23).

Laga ini akan menjadi laga penentuan setelah skuad Garuda, julukan Timnas Indonesia, bermain imbang 1-1 kontra Thailand, Kamis (29/12).

Hasil imbang itu dibarengi dengan kemenangan yang diraih Kamboja atas tamunya, Brunei Darussalam, dengan skor 5-1, Kamis (29/12).

Dengan dua hasil tersebut, kini grup A memiliki tiga tim yang punya kesempatan untuk lolos ke semifinal, yakni Thailand, Timnas Indonesia, dan Kamboja.

Ketiga tim ini menduduki peringkat tiga teratas, dengan Thailand dan Timnas Indonesia mengantongi 7 poin di peringkat pertama serta kedua dan Kamboja di peringkat ketiga dengan 6 poin.

Tak ayal, laga terakhir grup A Piala AFF 2022 akan menjadi partai penentuan, di mana Timnas Indonesia akan menghadapi Filipina dan Thailand akan menghadapi Kamboja.

Dengan kondisi ini, Timnas Indonesia mau tak mau harus menang saat bertandang ke Filipina agar tak bergantung pada hasil Thailand vs Kamboja untuk lolos ke semifinal Piala AFF 2022.

Melihat syarat tersebut, bagaimana sekiranya formasi yang akan dimainkan Shin Tae-yong di laga Filipina vs Timnas Indonesia nanti?

Formasi Menyerang dengan 3 Bek

Tak hanya sekadar menang, Timnas Indonesia juga harus bisa mengalahkan Filipina di laga terakhir grup A Piala AFF 2022 dengan skor besar.

Skor besar ini bertujuan agar Timnas Indonesia lolos ke semifinal dengan status juara grup. Sebagai informasi, skuad Garuda kalah selisih gol dari Thailand di tangga klasemen grup A saat ini.

Untuk mendapatkan skor besar, Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia pun mau tak mau harus bermain menyerang dan memainkan lini serang andalannya.

Namun permainan menyerang ini juga harus diimbangi permainan bertahan yang mumpuni agar Filipina yang tak punya misi apapun di laga ini, tak mencuri kesempatan untuk mencetak gol.

Sehingga, Shin Tae-yong pun berpotensi menggunakan formasi tiga bek agar bisa memperkuat lini pertahanannya dari serangan balik Filipina.

Formasi tiga bek ini nyatanya akan membuat pertahanan dan penyerang Timnas Indonesia berjalan seimbang, karena dua Fullback akan beralih menjadi Wing Back yang harus naik turun dalam menyerang dan bertahan.

Nyatanya, formasi tiga bek ini cocok dengan karakter permainan Timnas Indonesia dan Shin Tae-yong selalu mengecap sukses dengan formasi ini, di mana skuad Garuda banyak mencetak gol.

Untuk posisi kiper, Nadeo Argawinata tetap akan menjadi andalan, menyusul penampilan apiknya dan penyelamatan gemilangnya dalam tiga laga terakhir.

Lalu untuk trio di barisan bek, Shin Tae-yong bisa mengandalkan Fachruddin Aryanto, Jordi Amat, dan Hansamu Yama yang tampil lugas di laga kontra Brunei Darussalam.

Untuk posisi Wing Back, ada baiknya Pratama Arhan dan Asnawi Mangkualam diistirahatkan agar posisi keduanya digantikan Edo Febriansyah dan Yakob Sayuri.

Untuk posisi gelandang, duet Rachmat Irianto serta Marc Klok dirasa cukup jitu setelah tampil memukau di laga kontra Thailand.

Lalu trio lini serang bisa diberikan kepada Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, serta Ilija Spasojevic yang punya insting mencetak gol tinggi.

Berikut prediksi formasi Timnas Indonesia kala melawat ke Filipina di laga terakhir grup A Piala AFF 2022.

Timnas Indonesia (3-4-3)

Nadeo Argawinata; Fachruddin Aryanto, Jordi Amat, Hansamu Yama; Yakob Sayuri, Rachmat Irianto, Marc Klok, Edo Febriansyah; Witan Sulaeman, Ilija Spasojevic, Egy Maulana Vikri.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak