Profil Visakha FC, Klub Baru Simon McMenemy di Kamboja yang Pernah Bantai Bali United

Di Kamboja, Visakha FC bukan klub kaleng-kaleng

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Sabtu, 31 Desember 2022 | 19:13 WIB
Pelatih timnas Indonesia Simon McMenemy berjalan seusai menggelar konferensi pers di Jakarta, Kamis (24/1/2019). Mantan pelatih Bhayangkara FC itu ditunjuk PSSI sebagai pelatih timnas Indonesia. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Pelatih timnas Indonesia Simon McMenemy berjalan seusai menggelar konferensi pers di Jakarta, Kamis (24/1/2019). Mantan pelatih Bhayangkara FC itu ditunjuk PSSI sebagai pelatih timnas Indonesia. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Gol.bolatimes.com - Lama tak terdengar kabarnya, Simon McMenemy kini dikabarkan resmi menjadi pelatih klub divisi teratas Liga Kamboja, Viskaha FC.

Kepastian ini diumumkan oleh Viskaha FC melalui akun Instagram klub pada Jumat (30/12/2022). Klub tersebut membagikan video Simon McMenemy.

Dalam video itu, mantan pelatih Bhayangkara FC tersebut mengaku sudah tidak sabar untuk segera bertemu dengan calon anak asuhnya di Liga Kamboja.

“Halo Visakha, nama saya Simon McMenemy. Saya sangat tidak sabar untuk segera bertemu dengan kalian,” kata Simon McMenemy.

Adapun, terakhir kali Simon McMenemy menjadi pelatih kepala adalah saat menangani Timnas Indonesia pada Januari-November 2019. Setelah didepak, pelatih asal Skotlandia itu menganggur.

Pada Februari 2021, Simon McMenemy sempar kembali ke Bhayangkara FC, tetapi bukan sebagai pelatih, melainkan menjabat sebagai Direktur Teknis tim.

Lantas, seperti apa sebetulnya sepak terjang dari Visakha FC?

Profil Viskaha FC

Visakha FC merupakan klub sepak bola profesional yang baru dibentuk pada tahun 2016. Artinya, saat ini usianya baru menginjak enam tahun.

Kesebelasan yang memiliki julukan Blue Horse alias Kuda Biru ini berbasis di Phnom Penh. Mereka menggunakan Prince Stadium yang terletak di kota yang sama sebagai homebase-nya.

Meskipun hanya berkapasitas 15 ribu penonton, tetapi stadion ini juga menjadi salah satu venue SEA Games 2023. Prince Stadium merupakan salah satu stadion terbaik yang dimiliki oleh Kamboja.

Selama enam tahun berkiprah, prestasi terbaik Visakha FC ialah menjuarai Cambodian Second League, alias kompetisi kasta kedua di Kamboja. Gelar itu diraih pada tahun 2017.

Pencapaian terbaru dari Visakha FC ialah meraih dua kali gelar Hu Sen Cup atau Piala Kamboja. Gelar inilah yang mengantarkan mereka tampil di Piala AFC 2022.

Di Piala AFC 2022, Visakha terhenti di fase grup. Namun, mereka sempat bikin kejutan karena mampu mengalahkan Bali United dengan skor 5-2.

Beruntungnya, Visakha FC sukses mendapatkan lisensi klub profesional dari Cambodian Premier League (CPL). Sehingga, mereka bisa tetap berkompetisi di kompetisi kasta tertinggi.

Pasalnya, sejak diambil alih oleh Satoshi Saito sebagai CEO terbaru CPL, hanya ada delapan klub yang akan bersaing di kasta tertinggi. Visakha FC mampu lolos dari seleksi karena mampu memenuhi syarat lisensi klub nasional dan juga masuk kriteria khusus yang diterapkan oleh CPL.

Di Liga Kamboja musim 2022 yang berakhir pada 3 Desember kemarin, Visakha FC gagal menjadi juara. Meski sama-sama mengoleksi 52 poin dengan juara Phnom Penh Crown, Visakha kalah selisih gol.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak