Profil Al Nassr, Klub Kaya Raya Arab Saudi yang Sukses Datangkan Cristiano Ronaldo

Menarik dikulik tentang klub Arab Saudi Al Nassr yang sukses datangkan megabintang Cristiano Ronaldo.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Minggu, 01 Januari 2023 | 15:40 WIB
Potret pemain Al Nassr. (Instagram/alnassr_fc)

Potret pemain Al Nassr. (Instagram/alnassr_fc)

Gol.bolatimes.com - Al Nassr resmi mengikat kontrak dengan Cristiano Ronaldo. Pemain asal Portugal itu bergabung dengan klub Liga Arab Saudi tersebut pada Sabtu (31/12/2021).

Terlihat foto Cristiano Ronaldo yang memegang jersey Al Nassr bernomor punggung tujuh sembari memamerkan senyuman. Sambutan pun diberikan oleh klub.

"Sejarah tercipta. Ini adalah rekrutan yang tidak hanya akan menginspirasi klub kami untuk meraih sukses yang lebih besar tapi menginspirasi liga kami, negara kami, dan generasi masa depan, anak-anak laki-laki dan perempuan untuk menjadi versi terbaik dari dirinya. Selamat datang Cristiano di rumah barumu," bunyi pernyataan Al Nassr di media sosial.

Baca Juga: Sempat Diam, Sanrawat Dechmitr Akhirnya Buka Suara Usai Tekel Keras Saddil Ramdani

Dikabarkan Al Nassr berani mengeluarkan duit yang tak sedikit untuk membayar jasa mega bintang asal Portugal berusia 37 tahun tersebut.

Ronaldo menandatangani kontrak senilai lebih dari 200 juta Euro atau setara dengan Rp 3,3 triliun per tahun. Pendapatan CR7 ini bisa dikatakan sebagai gaji tertinggi dalam dunia persepakbolaan.

Lantas, seperti apa sih sepak terjang dari Al Nassr ini? Berikut ulasan profilnya!

Baca Juga: Hadapi Filipina di Piala AFF 2022, Nadeo Argawinata Minta Rekannya Waspadai Permainan Long Ball Musuh

Profil Al Nassr

Dalam sejarahnya, Al Nassr pertama kali berdiri pada 24 Oktober 1955. Mereka merupakan salah satu klub tersukses di tanah Arab Saudi.

Klub dengan julukan Al Aalami atau Faris Najd ini tercatat sudah mengoleksi sembilan gelar juara Liga Arab Saudi. Mereka terakhir kali jadi juara pada musim 2018/19.

Baca Juga: 5 Pemain Timnas Indonesia yang Bakal Tunjukkan Performa Terbaiknya saat Lawan Filipina di Piala AFF 2022

Di kompetisi domestik, Al Nassr mengoleksi 6 trofi King Cup dan dua kali jadi kampiun Piala Super Arab Saudi. Sedangkan di kancah internasional, Al Nassr sempat menuarai Piala Winners Asia dan jadi runner-up Liga Champions Asia.

Untuk urusan prestasi, Al Nassr cuma kalah dari Al Hilal yang merupakan klub tersukses di Arab Saudi dengan koleksi 18 trofi Saudi Pro League.

Menyoal markas, Al Nassr kini bertempat di Stadion King Saud University atau Mrsool Park, Riyadh, yang punya kapasitas 25 ribu penonton.

Baca Juga: Profil Wout Faes, Pencetak Gol Bunuh Diri Leicester City yang Beri Liverpool Kemenangan

Dari sisi manajemen, Al Nassr kini dipimpin oleh Musalli Al Muammar sebagai presiden klub. Sebelum menjabat sebagai Presiden Al Nassr, Musalli Al Muammar, mantan analis olahraga di Saluran Berita Al Arabiya, menjadi presiden Liga Pro Saudi pada Maret 2018 dan mengundurkan diri pada Januari 2020 setelah mendapat pujian atas keterampilan administrasinya.

Posisi itu kosong setelah keputusan Kementerian Olahraga Saudi pada Minggu untuk membubarkan dewan direksi Al-Nassr dan mencopot Safwan Al-Suwaiket dari jabatannya sebagai presiden yang dimulai pada Oktober 2019.

Adapun, Musalli Al Muammar ditunjuk langsung oleh Pangeran Khalid bin Fahd bin Abdulaziz yang merupakan donatur utama untuk Al Nassr.

Sementara dari segi kekuatan tim, saat ini Al Nassr dilatih oleh mantan juru taktik AS Roma, Marseille, hingga Lille, yaitu Rudi Garcia.

Selain hadirnya Ronaldo, Al Nassr sendiri saat ini memiliki pemain-pemain kelas dunia lainnya seperti Vincent Aboubakar, Luis Gustavo, hingga David Ospina.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak