Deretan Lawan Tangguh yang Bakal Dihadapi Timnas Thailand di Piala Asia Barat 2023

Timnas Thailand mendapat undangan untuk tampil di Piala Asia Barat 2023.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Senin, 02 Januari 2023 | 21:30 WIB
Pemain Timnas Thailand selebrasi usai mencetak gol di Piala AFF 2022. (Twitter/@Changsuek_TH)

Pemain Timnas Thailand selebrasi usai mencetak gol di Piala AFF 2022. (Twitter/@Changsuek_TH)

Gol.bolatimes.com - Berikut deretan lawan tangguh yang bakal dihadapi Timnas Thailand di ajang Piala Asia Barat 2023 seiring hadirnya undangan kepada tim berjuluk Gajah Perang itu untuk berpartisipasi.

Kabar mengejutkan datang dari Timnas Thailand yang mendapatkan undangan untuk berpartisipasi di ajang WAFF Championship atau Piala Asia Barat pada 2023 nanti.

Ajang ini sendiri dijadwalkan akan digelar pada Maret 2023 nanti, bertepatan dengan kalender FIFA Matchday pada tanggal 20 hingga 28 Maret 2023.

Baca Juga: Efek Cristiano Ronaldo, Jumlah Pengikut Instagram Klub Al Nassr Melonjak 7 Kali Lipat

Ajakan untuk berpartisipasi di Piala Asia Barat 2023 ini sendiri dikonfirmasi oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Federasi Sepak Bola Thailand, Pathit Supapong.

“Sama halnya dengan Jepang yang mendapat undangan untuk mengikuti turnamen Eropa (UEFA Nations League) di mana Thailand merupakan perwakilan luar yang diberi kesempatan untuk bermain di Piala Asia Barat,” ujar Pathit Supapong dikutip dari Vocket FC.

Ia dan pihaknya pun menyambut ajakan ini dengan tangan terbuka. Sebab, Pathit Supapong merasa Piala Asia Barat 2023 akan memberi keuntungan bagi Thailand.

Baca Juga: Hasil Piala AFF 2022: Timnas Indonesia Unggul 2-0 atas Filipina di Babak Pertama

“Ini kesempatan bagi kami untuk menaikkan peringkat FIFA karena berpengaruh pada undian Piala Asia 2023 dan Kualifikasi Piala Dunia 2026,” lanjutnya.

“Kesempatan seperti ini sulit untuk didapatkan. Sayang jika kami tak berpartisipasi,” tutup Pathit Supapong.

Jika nantinya Thailand benar-benar berpartisipasi di Piala Asia Barat 2023, maka tim arahan Alexandre Polking ini berkesempatan melawan tim-tim tangguh dari Asia Barat.

Baca Juga: Tugas Setter dalam Permainan Bola Voli

Total ada 11 tim yang akan berpartisipasi di ajang ini, di mana jika Thailand turut serta, maka total akan ada 12 tim yang berlaga.

Kira-kira, siapa saja lawan-lawan Thailand nanti jika berpartisipasi di ajang ini? Berikut daftarnya.

1. Arab Saudi

Baca Juga: Jilat Lidah Sendiri, Momen Cristiano Ronaldo Pernah Hina Liga Timur Tengah tapi Kini Main di Klub Arab Saudi

Arab Saudi menjadi salah satu dari 11 tim yang akan berpartisipasi di ajang Piala Asia Barat 2023. Ketangguhan The Green Falcon sendiri tak bisa dipandang remeh.

Arab Saudi saat ini duduk di peringkat ke-49 ranking FIFA. Selain itu, tim arahan Herve Renard ini belum lama ini membuat kejutan dengan mengalahkan juara Piala Dunia 2022, Argentina, di babak grup.

2. Irak

Di Piala Asia Barat 2023, Thailand juga berkesempatan akan melawan tim kuat sekelas Irak yang saat ini duduk di peringkat ke-68 ranking FIFA.

Irak sendiri bukanlah lawan sepele. Sebab, tim berjuluk Singa Mesopotamia ini punya rekam jejak mentereng, salah satunya adalah menjuarai Piala Asia 2007.

3. Uni Emirat Arab

Di Piala Asia Barat 2023, Thailand berkesempatan melawan tuan rumah turnamen, yakni Uni Emirat Arab yang duduk di peringkat ke-70 ranking FIFA.

Uni Emirat Arab juga bukan tim kacangan. Negara ini dikenal telah mengalami perkembangan pesat dalam urusan sepak bola, terutama berkat kompetisinya yang duduk di peringkat ke-6 zona Asia.

4. Yordania

Lawan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023, Yordania, juga akan berpartisipasi di Piala Asia Barat 2023 dan berkesempatan menjadi lawan Thailand.

Yordania dikenal sebagai salah satu tim top di kawasan Asia. Timnas Indonesia sendiri pernah merasakan kekalahan saat bertemu lawannya itu di babak Kualifikasi Piala Asia 2023.

5. Bahrain

Bahrain juga akan menjadi lawan Thailand di Piala Asia Barat. Tim ini sendiri berada di peringkat ke-85 di ranking FIFA saat ini.

Dalam perjalanannya, Bahrain mengalami kemajuan pesat di sepak bola, terutama di tahun 2019 lalu kala memenangi Piala Asia Barat dan juga Piala Teluk atau Gulf Cup.

Tim-tim Asia Barat lainnya calon lawan Thailand:

6. Oman
7. Palestina
8. Suriah
9. Lebanon
10. Kuwait
11. Yaman

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak