Adu Harga Pasar Timnas Indonesia vs Vietnam: Nyaris Setara, tapi Tim Lawan Lebih Merata

Jika diadu harga pasar, siapa pemenangan antara Timnas Indonesia vs Vietnam?

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Kamis, 05 Januari 2023 | 11:45 WIB
Pemain Timnas Indonesia rayakan gol Marc Klok ke gawang Thailand di matchday ketiga Grup A Piala AFF 2022 yang digelar di SUGBK, Kamis (29/12/2022). [Foto: PSSI]

Pemain Timnas Indonesia rayakan gol Marc Klok ke gawang Thailand di matchday ketiga Grup A Piala AFF 2022 yang digelar di SUGBK, Kamis (29/12/2022). [Foto: PSSI]

Gol.bolatimes.com - Apabila merujuk pada perbandingan harga pasar para pemain yang memperkuat Timnas Indonesia dan Vietnam, sebetulnya nominal keduanya cukup seimbang.

Pasalnya, jumlah nilai pasar para pemain Timnas Indonesia tak terlalu timbang jika dibandingkan dengan jumlah harga pasar pemain-pemain Vietnam.

Apabila ditotal, harga pasar skuad Garuda di Piala AFF 2022 ini mencapai Rp 110,37 miliar. Angka ini hanya kalah tipis dari nilai pasar Vietnam yang mencapai Rp111,68 miliar.

Dengan kata lain, perbandingan harga pasar skuad Garuda dengan Golden Star yang akan berjumpa di semifinal Piala AFF 2022 ini jaraknya tak sampai Rp2 miliar.

Berikut Bolatimes.com menyajikan perbandingan harga pasar antara Timnas Indonesia dan Vietnam yang bakal berjumpa di semifinal Piala AFF 2022.

Timnas Indonesia (Rp 110,37 miliar)

Di kubu Timnas Indonesia, nama-nama pemain yang harga pasarnya menduduki urutan tertinggi lebih banyak dihiasi oleh pilar naturalisasi.

Setidaknya ada tiga pemain naturalisasi yang dimaksud, yakni Jordi Amat (Rp17,38 miliar), Marc Klok (Rp7,82 miliar), hingga Ilija Spasojevic (Rp5,65 miliar).

Selanjutnya, daftar ini dilanjutkan dengan pemain-pemain Timnas Indonesia yang berstatus abroad, alias berkarier di luar negeri.
Setidaknya ada tiga nama yang duduk di urutan teratas, yakni Asnawi Mangkualam (Rp5,65 miliar), Pratama Arhan (Rp5,65 miliar), hingga Saddil Ramdani (Rp5,21 miliar).

Adapun tiga pemain Timnas Indonesia yang memiliki nilai pasar terendah di Piala AFF 2022 ini ialah Ramadhan Sananta dengan banderol Rp1,30 milar, serta Syahrul Trisna dan Yakob Sayuri yang sama-sama dipatok Rp3,04 miliar.

Timnas Vietnam (Rp111,68 miliar)

Sementara itu, harga pasar para pemain Timnas Vietnam pilihan Park Hang-seo di Piala AFF 2022 ini memang tak terlalu jomplang.

Dengan kata lain, perbedaannya tak begitu mencolok. Sebab, nyaris semuanya bermain di kompetisi domestik. Hanya ada dua pemain yang berstatus abroad.

Dua pemain skuad The Golden Star yang berkarier di luar negeri ialah Nguyen Quang Hai (Pau FC) dan Nguyen Van Toan (Seoul E-Land).

Untuk dua pemain yang memiliki nilai pasar tertinggi di skuad The Golden Star ialah Nguyen Quang Hai and Nguyen Hoang Duc. Keduanya sama-sama dibanderol dengan nilai Rp6,95 miliar.

Selanjutnya, ada tiga pemain termahal di urutan selanjutnya yang juga memiliki nilai pasar Rp6,08 miliar, yaitu Nguyen Tien Linh, Nguyen Van Toan, dan Ho Tan Tai.

Sementara itu, untuk tiga pemain dengan harga terendah di skuad Timnas Vietnam ialah Nguyen Van Toan (Rp2,61 miliar), serta Nguyen Phong Hong dan Chau Ngoc Quang yang sama-sama berharga Rp3,48 miliar.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak