Pedas! Media Asing Soroti Borok Sepak Bola Indonesia: Cuma Jadi Alat Politik dan Skandal Korupsi

"Saat ada pertandingan tim nasional, stadion sudah pasti penuh. Namun ini semua tidak cukup untuk membuat Indonesia sukses di sepak bola,"

Galih Prasetyo | BolaTimes.com
Kamis, 05 Januari 2023 | 14:30 WIB
Solidaritas antar suporter gelar aksi damai dan doa bersama untuk korban tragedi Kanjuruhan di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, Selasa (4/10/2022). (Twitter/LambeBocor2)

Solidaritas antar suporter gelar aksi damai dan doa bersama untuk korban tragedi Kanjuruhan di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, Selasa (4/10/2022). (Twitter/LambeBocor2)

Gol.bolatimes.com - "Mengapa negara yang punya penduduk 276 juta jiwa tidak bisa punya prestasi di sepak bola?" begitu judul pemberitaan salah satu media asing dari Turki, haberglobal.com.tr menyoroti bagaimana kebobrokan sepak bola Indonesia

Dalam ulasannya, media asal Turki tersebut memaparkan bagaiaman perkembangan sepak bola Indonesia dari masa ke masa. Menurut Haberglobal, korupsi menjadi salah satu masalah besar mengapa sepak bola Indonesia tidak pernah maju. 

Selain soal korupsi, kondisi federasi sepak bola Indonesia, PSSI yang hanya menjadi alat politik juga memiliki dampak sepak bola nasional berjalan di tempat. 

Baca Juga: Deretan Fakta Menarik Jelang Big Match Chelsea vs Manchester City

"Padahal orang-orang di negara itu memiliki hasrat yang besar pada sepak bola. 180 juta orang Indonesia menonton Piala Dunia 2022, itu berarti 2 dari 3 orang di sana suka sepak bola,"

"Saat ada pertandingan tim nasional, stadion sudah pasti penuh. Namun ini semua tidak cukup untuk membuat Indonesia sukses di sepak bola," tulis media Turki tersebut. 

Salah satu kasus korupsi yang jadi sorotan ialah bagaimana mantan ketum PSSI Nurdin Halid dipenjara pada 2007. Meski tersandung kasus korupsi dan mendekam di penjara, Nurdin ogah melepas jabatannya sebagai ketum dan menjalankan roda organisasi di penjara. 

Baca Juga: Jelang Laga Timnas Indonesia vs Vietnam di Piala AFF 2022, Media Vietnam Soroti Pernyataan Shin Tae-yong

Nurdin Halid menjabat sebagai ketum PSSI pada 2013. Ia kemudian tersandung kasus korupsi distribusi minyak goreng Badan Urusan Logistik (Bulog).

Pada 2007, Nurdin Halid divonis dua tahun penjara oleh majelis hakim kasasi Mahkamah Agung. Putusan kasasi tersebut membatalkan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan yang sebelumnya membebaskan Nurdin.

Nurdin Halid akhirnya menghirup udara bebas pada 17 Agustus 2006. 

Baca Juga: Latihan Keras Jelang Lawan Vietnam di Semifinal Piala AFF 2022, Sepatu Egy Maulana Vikri Sampai Jebol

Dana dari pemerintah Indonesia terhadap PSSI juga tak lepas dari sorotan. Untuk gelaran Piala Dunia U-20 2023 ini saja, pemerintahan Jokowi gelontorkan dana mencapai Rp50,6 miliar.  

Itu baru untuk persiapan Piala Dunia U-20 2023, di luar itu pihak PSSI juga menerima dana dari APBN yang berasal dari pajak rakyat. 

Mantan ketum PSSI, La Nyala Mattalitti pada 2015 sempat ungkap bahwa memang ada dana dari APBN bahkan untuk menggelar kongres. La Nyala mengatakan bahwa dana ABPN yang masuk ke kas PSSI mencapai Rp400 juta. 

Baca Juga: 3 PR Timnas Indonesia Jelang Lawan Vietnam, Salah Satunya Soal Mentalitas Pemain

Kondisi ini juga yang jadi perhatian dan bahan kritik pedas media Turki tersebut. 

"PSSI menerima dana 1,8 juta dollar Amerika Serikat dari negara untuk mengembangkan sepak bola dan uang itu cuma diihambur-hamburkan. Sementara pendapatan tahunan dari hak siar yang harus didistribusikan ke klub, tidak diketahui apa yang terjadi dengan setengah dari uang tersebut,"

Media Turki itu juga singgung soal kasus hukum mantan sekjen PSSI Joko Driyono yang divonis 18 bulan penjara karena kasus pengaturan skor. 

"Ada kepercayaan di negara ini, siapapun yang menguasai sepak bola akan menguasai Indonesia. Dengan demikian sepak bola hanya selalu menjadi alat politik,"

Borok sepak bola Indonesia yang jadi sorotan juga soal bagaimana pengembangan untuk pemain muda tidak berjalan dengan semestinya. 

"Administrasi yang tidak berfungsi, sumber daya yang tidak memadai, telah menyebabkan hilangnya banyak talenta muda Indonesia. Hasilnya sangat buruk,"

Terakhir tentu saja bagaimana sepak bola Indoneia disorot dunia setelah tewasnya 135 orang di Stadion Kanjuruhan. Hingga saat ini, kasus tersebut belum bisa memberikan rasa keadilan untuk keluarga korban. 

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak