Profil Dandi Maulana, Bek Anyar Persija yang Pernah Dipecat Barito karena Indisipliner

Dendi Maulana jadi rekrutan baru Persija.

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Kamis, 05 Januari 2023 | 17:00 WIB
Dandi Maulana rekrutan baru Persija Jakarta.  (Instagram/@persija)

Dandi Maulana rekrutan baru Persija Jakarta. (Instagram/@persija)

Gol.bolatimes.com - Persija Jakarta sudah bergerak pada jendela transfer tengah musim Liga 1 2022/23 dengan mendatangkan Dandi Maulana dari Persebaya Surabaya.

Macan Kemayoran mengontrak pemain berusia 24 tahun tersebut dengan durasi 1,5 musim ke depan. Pemain yang biasa berposisi sebagai bek ini pun sudah mengikuti latihan tim.

Thomas Doll memiliki kesan yang bagus ketika pertama kali berbicara dengan Dandi. Mantan juru formasi Borussia Dortmund itu tak ragu mengatakan potensi yang dimiliki sang pemain.

Thomas Doll menilai kehadiran Dandi bisa menambah kekuatan lini belakang Persija yang musim ini kerap bermasalah akibat bekapan cedera dan pemanggilan ke Timnas Indonesia

Lantas, siapakah sebetulnya Dandi Maulana ini? Berikut ulasan profilnya!

Profil Dandi Maulana

Dandi Maulana merupakan pesepak bola muda asal Serang, Banten, yang lahir pada 17 Juli 1998. Saat ini, pemain yang berposisi sebagai bek tengah itu berusia 24 tahun.

Tumbuh dan besar di Pandeglang, Dandi memulai bermain sepak bola sejak berusia 3 tahun dan bergabung dengan klub lokal setempat pada usia 7 tahun.

Nah, sebelum terjun di duni profesional, Dandi sempat menimba ilmu di akademi sepak bola di Malaysia, Frenz United. Ia di sana dari 2014 hingga 2016.

Meski begitu, keinginan Dandi Maulana untuk menjadi pesepakbola dan mengejar mimpinya sempat mendapat penentangan dari orang tuanya.

Namun, prestasi yang diraihnya bersama SSB setelah meraih juara sukses meluluhkan hati kedua orang tuanya. Dari sana, dukungan terus mengalir untuknya. Pada mulanya, Dandi berposisi sebagai penyerang.

Bakat dan potensinya lalu ditemukan oleh Mundari Karya, pelatih yang terkenal dengan tangan dinginnya dalam memoles bakat muda. Kemudian, Dandi sempat lolos seleksi timnas Indonesia U-16.

Dari sana, ia kemudian melanjutkan perjalanannya bersama Frenz United. Setelah itu, ia mendapat kontrak resmi dari Barito Putera pada 1 Januari 2017. Awalnya, dia dikontrak untuk bermain bersama Barito Putera U-21.

Seiring berjalan waktu, Dandi Maulana mulai sering mendapat kepercayaan di Barito Putera. Namun, kabar mengejutkan datang ketika Liga 1 2021/22 berjalan di putaran kedua.

Dandi Maulana dipecat oleh Barito Putera karena alasan indisipliner per Februari 2022. Menurut Barito Putera, Dandi Maulana terbukti secara sah tidak patuh terhadap peraturan. Pemain tersebut resmi diputus kontraknya oleh Barito Putera.

Akan tetapi, tak butuh waktu lama buat Dandi Maulana mendapat klub baru. Ia bergabung dengan Persebaya pada April 2022.

Di Liga 1 2022/23, Dandi Maulana cuma memainkan lima pertandingan buat Bajul Ijo. Tapi demikian, ia tetap mencuri perhatian Thomas Doll sehingga direkrut oleh Persija di paruh kedua.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak