Jamu Vietnam di SUGBK, PSSI Minta Suporter Tidak Berlaku Liar selama Semifinal Piala AFF 2022

Leg I semifinal Piala AFF 2022 antara Indonesia vs Vietnam digelar Jumat (6/1/2023) pukul 16.30 WIB.

Muhammad Ilham Baktora | BolaTimes.com
Jum'at, 06 Januari 2023 | 09:11 WIB
Antusias suporter Timnas Indonesia jelang menghadapi Thailand dalam laga ketiga Grup A Piala AFF 2022 di SUGBK, Senayan, Jakarta, Kamis (29/12/2022). [Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha].

Antusias suporter Timnas Indonesia jelang menghadapi Thailand dalam laga ketiga Grup A Piala AFF 2022 di SUGBK, Senayan, Jakarta, Kamis (29/12/2022). [Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha].

Gol.bolatimes.com - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) meminta para suporter yang hadir saat memberi dukungan Indonesia vs Vietnam tak berlaku liar. Hal itu untuk memberi kondusifitas pertanndingan sebelum dan setelah laga bergulir.

Pertandingan Indonesia vs Vietnam pada leg I semifinal Piala AFF 2022, digelar di SUGBK Jakarta, Jumat (6/1/2023) pukul 16.30 WIB.

Menjamu The Golden Star sore nanti, Ketua Divisi Pembinaan Suporter PSSI, Buiman Dalimunthe menegaskan agar suporter bertindak sopan terhadap tim tamu.

Baca Juga: Janji Marselino Ferdinan di Laga Timnas Indonesia vs Vietnam

Budiman berharap para suporter bisa menghormati tim lain yang datang ke Indonesia. Hal itu juga akan dirasakan oleh para pemain saat bertandang ke kandang lawan.

"Kalau kita mau dihormati orang, ya kita hormati dulu diri sendiri dengan berperilaku baik," kata Budiman Dalimunthe, Jumat.

Budiman mengaku bahwa suporter itu bagian penting dari sepak bola. Maka dari itu, nama sepak bola Indonesia juga bisa dijaga bersama dan tidak dirusak oleh oknum di pertandingan nanti sore.

Baca Juga: Detik-detik Pelatih Vietnam Tuduh Jurnalis Korea Selatan sebagai Mata-mata, Sebut Agen dari Shin Tae-yong

"Jangan gegara nila setitik, rusak susu sebelanga. Transformasi sepak bola itu kan juga termasuk perilaku suporternya," kata dia.

Permintaan itu menyusul dengan insiden bus yang ditumpangi Timnas Thailand beberapa waktu lalu ketika melakoni laga tandang ke SUGBK. Oknum suporter mencuri bendera Thailand termasuk merusak kaca bus.

Meski suporter kerap diandalkan saat Timnas Indonesia melakoni laga kandang ataupun tandang, beberapa perilaku suporter yang tidak etis selalu muncul. Hal itu seharusnya tak kembali terulang.

Baca Juga: Berpengalaman, Shin Tae-yong Yakin Jordi Amat Bawa Timnas Indonesia Kalahkan Vietnam

Belajar dari Tragedi Kanjuruhan, suporter Indonesia seharusnya mampu membenahi diri untuk kualitas sepak bola Indonesia.

Lebih lanjut, semifinal Indonesia vs Vietnam menjadi laga penting baik di leg I dan II nanti. Indonesia akan menjadi tuan rumah sore ini. Tiga hari berselang, Indonesia akan melanjutkan pertandingan leg II di Stadion My Dinh, Hanoi.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak