Bikin Panas, 3 Psywar Park Hang-seo Jelang Duel Indonesia vs Vietnam di Semifinal Piala AFF 2022

Sederet komentar nyelekit Park Hang-seo sebelum lawan tim Shin Tae-yong.

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Jum'at, 06 Januari 2023 | 14:30 WIB
Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo, di Piala AFF 2022. (Dok. VFF)

Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo, di Piala AFF 2022. (Dok. VFF)

Gol.bolatimes.com - Jelang laga lawan Timnas Indonesia di semifinal Piala AFF 2022, Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo, kerap kali menyampaikan sejumlah kalimat psywar.

Ada beberapa pernyataan yang cukup mengundang kontroversi ketika Park Hang-seo melancarkan perang urat syarafnya kepada Timnas Indonesia.

Pernyataan-pernyataan keras yang disampaikan Park Hang-seo ini memang cukup sering terjadi mengingat ia adalah sosok juru taktik yang berani dan ekspresif ketika menyampaikan isi pikirannya.

Tak jarang, dia turut mengomentari sejumlah hal yang terjadi, termasuk aspek-aspek yang sebetulnya tidak berkaitan dengan Timnas Vietnam.

Berikut Bolatimes.com menyajikan sederet ucapan psywar yang disampaikan Park Hang-seo sebelum laga Timnas Indonesia vs Vietnam di semifinal PIala AFF 2022

1. Kritik Sistem Pengamanan Indonesia

Park Hang-seo ngambek di konferensi pers timnas Indonesia vs Vietnam jelang semifinal leg pertama Piala AFF 2022. (YouTube/Sao The Thao)
Park Hang-seo ngambek di konferensi pers timnas Indonesia vs Vietnam jelang semifinal leg pertama Piala AFF 2022. (YouTube/Sao The Thao)

Peristiwa pelemparan bus Timnas Thailand saat menuju Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) juga menjadi salah satu isu yang dikomentari Park Hang-seo.

Padahal, ketika itu Vietnam belum dipastikan berjumpa Indonesia di fase semifinal Piala AFF 2022. Tetapi, ia tetap saja memberikan komentarnya.

"Setiap pertandingan pasti ada pendukung yang gila. Kadang-kadang mereka ini bertindak di luar batas adan akal. Federasi sepak bola Vietnam atau pihak yang lebih tinggi harus punya satu prosedur (SOP) untuk menjamin keselamatan tim," kata Park Hang-seo.

"Saya tidak tahu seberapa banyak ancaman yang diterima oleh Thailand tapi jika ingin dijadikan pelajaran kami harus lebih siap. Dalam setiap pertandingan menjamin keselamatan pemain adalah tanggung jawab tuan rumah," lanjutnya.

2. Ejek Rekor Shin Tae-yong yang Tak Pernah Menang

Park Hang-seo juga menyinggung rekor istimewanya saat berjumpa Shin Tae-yong. Sebab, Vietnam tak pernah kalah dari Indonesia selama berada di bawah kepemimpinannya.

Setidaknya, The Golden Star sudah dua kali menang dan mencatat satu hasil imbang. Artinya, mereka belum pernah kalah dari Indonesia

"Kami telah memenangkannya berkali-kali bahkan sebelum pelatih Shin Tae-yong datang. Kami cukup kuat untuk menang melawan Indonesia," ujar Park Hang-seo.

3. Marah-Marah di Sesi Konferensi Pers

Selain itu pula, Park Hang-seo sempat terlihat marah-marah karena melihat keberadaan dua orang asal Korea Selatan yang mengenakan jersey TImnas Indonesia yang menghadiri sesi konferensi pers.

Dia pun sempat mempertanyakan keberadaan mereka. Namun, ternyata mereka adalah wartawan asal Korea Selatan yang hendak meliput kiprah Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia.

“Itu mereka berdua siapa? kenapa mereka berada di ruangan ini? Apa mereka reporter juga?” tanya Park Hang-Seo kepada koordinator jumpa pers.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak