3 Skenario Timnas Indonesia Lolos ke Final Piala AFF 2022, Salah Satunya Cuma Butuh Imbang

Berikut skenario Timnas Indonesia lolos ke final Piala AFF 2022.

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Minggu, 08 Januari 2023 | 09:24 WIB
Selebrasi pemain Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. (Dok. PSSI)

Selebrasi pemain Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. (Dok. PSSI)

Gol.bolatimes.com - Timnas Indonesia memiliki sejumlah skenario untuk bisa mengungguli Vietnam pada laga leg kedua sehingga lolos ke fase final Piala AFF 2022.

Setidaknya, ada tiga skenario yang bisa dilakukan Timnas Indonesia untuk bisa lolos ke final saat bermain di markas Vietnam, Stadion My Dinh, Hanoi, Senin (9/1/2023).

Sebelumnya, Timnas Indonesia sempat bermain imbang tanpa gol ketika menjamu Vietnam pada laga leg pertama di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jumat (6/1/2023).

Duel yang berakhir dengan skor kaca mata itu memang pada akhirnya bisa memberikan keuntungan tersendiri bagi skuad Garuda untuk menatap leg kedua.

Sebab, turnamen Piala AFF 2022 ini menerapkan sistem gol tandang. Artinya, Indonesia yang tak kebobolan di leg pertama bisa mengambil keuntungan dari sistem ini.

Itulah sebabnya, sistem laga tandang ini bakal mempengaruhi skenario kelolosan Timnas Indonesia untuk melaju ke partai puncak ajang dua tahunan ini.

Berikut Bolatimes.com menyajikan sejumlah skenario Timnas Indonesia lolos ke final Piala AFF 2022.

Potret aksi pemain Timnas Indonesia saat ditahan imbang Vietnam 0-0 di leg pertama semifinal Piala AFF 2022. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/hp)
Potret aksi pemain Timnas Indonesia saat ditahan imbang Vietnam 0-0 di leg pertama semifinal Piala AFF 2022. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/hp)

1. Menang di Kandang Vietnam

Skenario pertama yang sudah pasti meloloskan Timnas Indonesia ke partai final Piala AFF 2022 ialah meraih kemenangan di markas Timnas Vietnam.

Kemenangan dengan skor berapa pun akan membuat skuad Garuda unggul agregat gol karena kedua tim bermain imbang tanpa gol pada pertandingan leg pertama.

Oleh karena itu, Timnas Indonesia harus mengincar kemenangan saat melawat ke markas The Golden Star agar bisa unggul agregat pada perhitungan akhir.

2. Imbang dengan Gol

Selanjutnya, Timnas Indonesia juga bisa melaju ke partai final Piala AFF 2022 apabila nantinya mampu mencetak gol meskipun bermain imbang dengan Vietnam.

Hasil imbang dengan skor berapa pun dipastikan membuat skuad Garuda unggul atas Vietnam pada laga leg kedua ini.

Pasalnya, Piala AFF 2022 menerapkan regulasi gol tandang, sehingga Indonesia punya keuntungan karena bermain tanpa gol di markasnya.

3. Imbang Tanpa Gol

Selain itu pula, Timnas Indonesia bisa juga menggunakan skenario bermain imbang tanpa gol pada waktu normal ketika berjumpa Vietnam.

Namun, pasukan Shin Tae-yong harus bisa mengincar kemenangan saat babak tambahan waktu ataupun ketika memasuki babak adu penalti.

Ini menjadi skenario terakhir sekaligus yang paling sulit lantaran perjuangan Fachruddin Aryanto dan kawan-kawan harus terus dilakukan hingga fase paling akhir.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak