Hitung-hitungan Timnas Indonesia Berjumpa Malaysia di Final Piala AFF 2022

Timnas Indonesia bisa saja bertemu Malaysia di final Piala AFF 2022, asalkan...

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Minggu, 08 Januari 2023 | 10:15 WIB
Pemain Timnas Indonesia rayakan gol Marc Klok ke gawang Thailand di matchday ketiga Grup A Piala AFF 2022 yang digelar di SUGBK, Kamis (29/12/2022). [Foto: PSSI]

Pemain Timnas Indonesia rayakan gol Marc Klok ke gawang Thailand di matchday ketiga Grup A Piala AFF 2022 yang digelar di SUGBK, Kamis (29/12/2022). [Foto: PSSI]

Gol.bolatimes.com - Timnas Indonesia dan Malaysia berpeluang untuk berhadapan di partai final Piala AFF 2022. Setidaknya, ada beberapa skenario Timnas Indonesia jumpa Malaysia di final Piala AFF 2022.

Sebagai informasi, Timnas Indonesia dan Malaysia memang sama-sama punya peluang untuk bisa melewati fase semifinal untuk melaju ke partai puncak Piala AFF 2022.

Timnas Indonesia, misalnya, bermain imbang dengan Vietnam tanpa gol pada laga leg pertama yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jumat (6/1/2023).

Baca Juga: Gol Kedua Malaysia ke Gawang Thailand Dianulir Wasit, Kim Pan-gon Ogah Komentar

Sementara itu, Timnas Malaysia justru berhasil menggulingkan Thailand pada leg pertama yang digelar di Stadion Nasional Bukit Jalil, Sabtu (7/1/2023) dengan skor tipis 1-0.

Hasil yang diraih oleh skuad Garuda dan Harimau Malaya itu memang membuat keduanya menjaga peluang untuk bisa lolos ke partai puncak.

Setidaknya, terdapat beberapa hitung-hitungan yang bisa mempertemukan kedua tim yang punya rekam jejak rivalitas ini di akhir turnamen nanti.

Baca Juga: Hasil Liga Spanyol Semalam: Dibungkam Villarreal, Real Madrid Gagal Puncaki Klasemen

Yang pertama, Timnas Indonesia hanya butuh hasil imbang dengan mencetak gol, baik itu dengan skor 1-1, 2-2, 3-3, dan seterusnya, di waktu normal.

Pasalnya, turnamen dua tahunan ini menggunakan sistem gol tandang. Hasil imbang itu sudah cukup untuk mengantarkan skuad Garuda lolos ke partai puncak.

Di pertandingan lainnya, Timnas Malaysia hanya butuh hasil imbang dengan skor berapa pun saat bertandang ke markas Thailand pada laga leg kedua.

Baca Juga: Belum Puas, Reaksi Kim Pan-gon usai Malaysia Hajar Thailand di Leg 1 Semifinal Piala AFF 2022

Keunggulan satu gol yang dicatatkan Malaysia di leg pertama sudah cukup untuk membuat mereka bermain imbang agar bisa lolos ke partai final.

Selanjutnya, skenario kedua ialah Timnas Indonesia berhasil menang dengan skor berapapun, atau bermain imbang tetapi harus menang di babak adu penalti.

Adapun Malaysia tidak boleh kalah dengan skor 0-1 di waktu normal, karena laga akan dilanjutkan via tambahan waktu atau adu penalti.

Baca Juga: Alasan Gol Kedua Malaysia ke Gawang Thailand Dianulir Wasit di Semifinal Piala AFF 2022

Sehingga, Harimau Malaya minimal harus bisa mencetak gol tetapi tidak boleh kalah lebih dari satu gol dari Thailand. Jika kalah 1-2, 2-3, 3-4, dan seterusnya, Harimau Malaya dipastikan menang karena unggul agresivitas gol tandang.

Apabila kedua skenario itu benar-benar terwujud, maka duel antara Timnas Indonesia melawan Malaysia di partai final Piala AFF 2022 bisa terjadi.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak