Kisah Pele Main di SUGBK, Cetak Gol ke Gawang Timnas Indonesia

Pele sempat jajal rumput GBK.

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Minggu, 08 Januari 2023 | 16:00 WIB
Pemain legendaris asal Brasil, Pele [AFP]

Pemain legendaris asal Brasil, Pele [AFP]

Gol.bolatimes.com - Siapa sangka mendiang Pele, legenda sepak bola Brasil dan Amerika Selatan pernah menghibur ratusan ribu penggemar di Indonesia saat bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Bernama lengkap Edson Arantes do Nascimento, seorang legenda sepak bola asal Brasil yang dikenal dengan nama Pele meninggal dunia pada Jumat (30/12/2022).

Pele adalah pesepak bola terbaik dunia, siapa lagi pemain yang mampu mengoleksi tiga trofi Piala Dunia, hanya Edson Arantes yang mampu melakukannya.

Meski begitu, Pele memilih untuk tidak berkarier di Eropa meskipun nyatanya sempat menikmati permainan di daratan Benua Biru.

Namun Pele lebih terkenal dengan klub legendaris asal Brasil, Santos FC medio 1956-1974 dan klub asal Amerika Serikat, New York Cosmos (1975-1977).

Dan siapa sangka pria kelahiran Minas Gerais ini pernah menyenangkan ribuan masyarakat Indonesia di SUGBK, ya momen ini terjadi pada tahun 1972.

Di mana saat itu Santos FC mendapat undangan laga persahabatan melawan Tmnas Indonesia di SUGBK, dengan bayaran 45 ribu dollar AS atau sekitar Rp420, kurs 1 rupiah per dollar.

Pertandingan berakhir dengan skor 3-2 untuk keunggulan Santos, Pele mencetak satu gol melalui eksekusi penalti dan dua lainnya lewat Jadel dan Edu.

Sementara dua gol timnas Indonesia dicetak Risdianto, brace yang membanggakan bagi pemain Indonesia ke klub top dan elit asal Brasil.

Meskipun laga tersebut penuh dengan kontroversi, usut punya usut para penonton di stadion tak menyukai gaya bermain Pele dan kawan-kawan.

Pasalnya para pemain Santos hanya bermain asal-asalan, padahal saat itu nominal bayaran yang diterima Santos FC termasuk besar.

Namun kenangan ini menjadi cerita yang sangat membekas bagi penikmat sepak bola Tanah Air, pasalnya mereka berkempatan menyaksikan langsung Pele berlaga.

Kontributor: Eko
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak