Miris! Kondisi Kumuh Stadion My Dinh, Rumput Jelek, Area Pemain Pengganti Bak Halte Bus

Kondisi Stadion My Dinh sangat buruk dan terlihat kumuh.

Galih Prasetyo | BolaTimes.com
Senin, 09 Januari 2023 | 11:21 WIB
Kondisi kumuh di luar Stadion My Dinh, tempat laga Vietnam vs Indonesia di leg kedua babak semifinal Piala AFF 2022 (Saostar)

Kondisi kumuh di luar Stadion My Dinh, tempat laga Vietnam vs Indonesia di leg kedua babak semifinal Piala AFF 2022 (Saostar)

Gol.bolatimes.com - Kondisi Stadion My Dinh, tempat berlangsungnya pertandingan leg kedua babak semifinal Piala AFF 2022 antara Vietnam vs Indonesia sangat mengenaskan. 

Jelang pertandingan melawan Indonesia, pihak PSSI-nya Vietnam, VFF menyebut bahwa mereka telah mengerahkan 100 mahasiswa untuk membersihkan Stadion My Dinh. Namun, faktanya, kondisi stadion tersebut masih sangat miris. 

Hal itu terlihat dari dua laporan media Vietnam. Media saostar.vn dalam laporan pertamanya menyebutkan kondisi Stadion My Dinh memang jauh dari harapan. 

Baca Juga: Semifinal Piala AFF 2022: Laga Lawan Timnas Indonesia Tentukan 'Nasib' Park Hang-seo

"Meski kemarin sudah dibersihkan oleh lebih dari 100 siswa, kondisi My Dinh masih sulit untuk memperbaiki citranya, terutama kondisi rumput yang terlihat menguning," tulis laporan media lokal Vietnam tersebut. 

Tidak hanya menyoroti kondisi rumput yang telah menguning seperti tak terawat, media Vietnam itu juga menyebut bahwa kursi di stadion sudah sangat tua, sehingga tidak terlihat bagus meski sudah dibersihkan. 

Tidak hanya di dalam stadion, kondisi kumuh dan jorok juga terlihat di luar stadion. "Kondisinya sangat kumuh dan jorok meski sudah dibersihkan,"

Baca Juga: Bukan Timnas Indonesia, Korban Doan Van Hau Inginkan Vietnam Masuk Final Piala AFF 2022

Sedangkan pada laporan keduanya, Saostar menyoroti soal publikasi media dan suporter Indonesia terkait kondisi kumuh di Stadion My Dinh. 

Meski tak suka dengan sorotan dari suporter Indonesia di sosial media terkait rumput stadion, media Vietnam itu tak menampik bahwa hal tersebut memang fakta di lapangan. 

"Foto close up soal kondisi Stadion My Dinh oleh pihak Indonesia memang membuat citra sepak bola Vietnam patut tersindir,"

Baca Juga: Jelang Lawan Indonesia, Vietnam Ditimpa Kesialan, Media Lokal: Pasukan Park Hang-seo Menuju Gerbang Kematian

"Tidak ada yang ingin Stadion My Dinh dikritik atau diejek suporter lain. Tapi sebenarnya rumput di Stadion My Dinh memang sangat buruk. Pemain Indonesia telah terbiasa dengan rumput di Stadion Bung Karno yang indah dan hijau,"

Dari laporan itu juga disebutkan bahwa area pemain pengganti di pinggir lapangan juga terlihat seperti halte bus. Sangat kuno dan memperburuk citra stadion, tulis media Vietnam itu. 

Meski kondisi Stadion My Dinh tidak cukup baik, kubu Vietnam cukup percaya diri. Hal ini lantaran dukungan dari federasi sepak bola Asia, AFF. 

Baca Juga: Laga Panas Vietnam vs Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Umbar 3 Janji

Pihak AFF yang diwakili oleh sekjen Winston Lee menyebut bahwa standar Stadion My Dinh telah diperiksa secara berkala dan mengatakan siap untuk melangsungkan pertandingan leg kedua babak semifinal Piala AFF. 

"Setiap tahun kami menetapkan standar lebih tinggi dengan negara tuan rumah pertandingan Piala AFF. Saya bisa bilang Vietnam sangat bagus dalam persiapan. Kami sangat senang," ungkapnya. 

My Dinh National Stadium sudah berdiri sejak 1908, artinya stadion ini sudah 115 tahun. Baru pada 13 September 2021, stadion ini direnovasi.

Kabarnya biaya renovasi stadion ini menelan biaya sangat besar yakni 1 juta dollar Amerika Serikat. Meski baru 15 bulan direnovasi, kondisi stadion ini masih sangat buruk. 

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak