Daftar Negara yang Raih Poin Terbanyak di Ranking FIFA selama Piala AFF 2022, Indonesia Nomor 1

Timnas Indonesia tercatat raih poin di ranking FIFA paling banyak saat tampil di Piala AFF 2022.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Senin, 09 Januari 2023 | 14:15 WIB
Skuad Timnas Indonesia sebelum menghadapi Timnas Filipina dalam laga lanjutan Grup A Piala AFF 2022 di Rizal Memorial Stadium, Manila, Filipina, Senin (2/1/2023). Indonesia berhasil menang 2-1 atas Filipina (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/wsj)

Skuad Timnas Indonesia sebelum menghadapi Timnas Filipina dalam laga lanjutan Grup A Piala AFF 2022 di Rizal Memorial Stadium, Manila, Filipina, Senin (2/1/2023). Indonesia berhasil menang 2-1 atas Filipina (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/wsj)

Gol.bolatimes.com - Berikut deretan negara yang mampu meraih poin paling banyak di ranking FIFA sepanjang gelaran Piala AFF 2022. Apakah Timnas Indonesia termasuk?

Piala AFF 2022 telah memasuki leg kedua semifinal. Sejak digelar pada 20 Desember lalu, total 22 pertandingan sudah dimainkan.

Dalam 22 pertandingan yang dimainkan ini, beberapa tim peserta mampu mendapati hasil beragam atas lawan-lawannya.

Baca Juga: Tak Mau Remehkan Vietnam, Dendy Sulistyawan Janji Bakal Tunjukkan Performa Terbaiknya di Semifinal Piala AFF 2022

Siapa sangka, raihan yang didapat atas lawan-lawannya di ajang dua tahunan ini ternyata memberi dampak para raihan poin setiap tim di ranking FIFA.

Memang Piala AFF 2022 bukanlah agenda resmi FIFA. Akan tetapi, hasil apapun yang diraih di ajang ini ternyata memberi dampak terhadap poin setiap tim di rankingnya, meskipun sedikit.

Tak mengherankan jika sepanjang turnamen Piala AFF 2022 ini, setiap tim berusaha meraih kemenangan. Selain agar bisa menjadi juara, kemenangan juga akan memberikan poin di ranking FIFA.

Baca Juga: Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia Hadapi Vietnam di Leg Kedua Semifinal Piala AFF 2022

Usai melakoni total 22 pertandingan sejauh ini, kira-kira negara mana saja yang mendapat raihan poin paling banyak di ranking FIFA? Berikut daftarnya.

1. Timnas Indonesia

Timnas Indonesia menjadi tim yang paling banyak mendapat tambahan poin di ranking FIFA sepanjang Piala AFF 2022 ini.

Baca Juga: Resmi! Pemkab Bantul Tolak Arema FC Bermain di Stadion Sultan Agung

Diketahui, skuad Garuda memperoleh tambahan 8,31 poin berkat hasil yang diraihnya dalam lima pertandingan yang telah dimainkan di ajang ini.

Dalam lima pertandingan Piala AFF 2022, Timnas Indonesia mampu meraih poin berkat  tiga kemenangan dan dua hasil imbang, yakni atas Thailand dan Vietnam yang notabene memiliki ranking lebih baik.

2. Malaysia

Baca Juga: Barcelona Menang Tanpa Robert Lewandowski, Mengapa Ia Tak Dimainkan Xavi?

Rival abadi Timnas Indonesia, Malaysia, juga panen poin sepanjang gelaran Piala AFF 2022. Sejauh ini, Harimau Malaya telah mendapat tambahan 7,41 poin.

Malaysia memang pernah kalah dari Vietnam. Tapi selain kekalahan itu, anak asuh Kim Pan-gon mampu meraih kemenangan atas lawan-lawannya.

Salah satu kemenangan paling penting adalah kalah membekuk Thailand di leg pertama semifinal Piala AFF 2022, Sabtu (7/1). Berkat kemenangan itu, Malaysia mendapat tambahan 3 poin.

3. Singapura

Singapura memang harus tersingkir di fase grup Piala AFF 2022. Tapi, The Lions tetap bersyukur karena bisa panen poin di ajang dua tahunan ini.

Dalam empat pertandingan yang dimainkan, Singapura mampu mendapat tambahan 3,26 poin sepanjang Piala AFF 2022 ini.

Tambahan poin ini didapat usai menang atas Laos dan Kamboja serta imbang atas Vietnam. Sayang, di laga terakhir Singapura tumbang dari Malaysia sehingga harus kehilangan poin cukup banyak, yakni 2,33 poin,

4. Vietnam

Vietnam menjadi tim Asia Tenggara yang berada di 100 besar ranking FIFA. Meski rankingnya cukup tinggi ketimbang lawan-lawannya di Piala AFF 2022, The Golden Stars tetap mendapat tambahan poin.

Dalam lima pertandingan di Piala AFF 2022 ini, Vietnam mampu mengantongi tambahan 2,47 poin berkat hasil tak terkalahkan sepanjang turnamen.

Di empat laga fase grup, Vietnam mampu menyapu bersih laga dengan kemenangan. Lalu di leg pertama semifinal, The Golden Stars hanya bermain imbang kontra Timnas Indonesia.

5. Thailand

Semifinalis Piala AFF 2022 lainnya, Thailand, juga mendapat tambahan poin. Bedanya, tambahan poin yang didapat Gajah Perang menjadi yang paling sedikit, yakni tambahan 0,05 poin saja.

Meski mendapati hasil yang sama di fase grup Piala AFF 2022 dengan Timnas Indonesia, Thailand justru harus menerima poin yang didapatkan di fase ini hilang seketika di semifinal.

Pasalnya di leg pertama semifinal Piala AFF 2022, Thailand harus tumbang dari Malaysia dengan skor 0-1. Kekalahan ini membuat Gajah Perang kehilangan 3 poin karena perbedaan ranking FIFA kedua tim.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak