Profil Chungbuk Cheongju FC, Klub Korea yang Rekrut Pemain Malaysia Raj Kogileswaran

Mengenal Chungbuk Cheongju FC, klub K League 2 yang resmi datangkan Raj Kogileswaran.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Sabtu, 14 Januari 2023 | 10:10 WIB
Pemain Malaysia, Raj Kogileswaran gabung klub Korea Selatan. (Twitter)

Pemain Malaysia, Raj Kogileswaran gabung klub Korea Selatan. (Twitter)

Gol.bolatimes.com - Chungbuk Cheongju FC menjadi klub asal Korea Selatan terbaru yang menggunakan jasa pemain Asia Tenggara di klubnya usai mendatangkan pemain asal Malaysia, Raj Kogileswaran.

Pemain berusia 24 tahun tersebut dikontrak selama satu tahun oleh klub dari K-League 2 atau divisi kedua Liga Korea Selatan tersebut.

Dikabarkan bahwa Kogileswaran menjadi pemain asal Malaysia pertama yang bakal berkiprah di Liga Korea Selatan. Ia pun mengaku sangat antusias.

Baca Juga: Profil Raj Kogileswaran, Pemain Malaysia yang Gabung Klub Korea Selatan

“Ini adalah salah satu momen terbahagia dalam hidup saya," ungkap pemain yang akrab disapa Kogi itu dari New Straits Times.

"Sebelum tanda tangan dengan Chungbuk, saya sempat berbicara dengan coach Kim (Kim Pan-gon). Dia memberi saya saran yang sangat baik, dia bahkan video call saya sebelum berangkat ke Korea," jelasnya.

Dengan hadirnya Kogi, K-League 2 musim 2023 bakal diramaikan oleh tiga pemain asal Asia Tenggara. Ada Asnawi Mangkualam (Indonesia) yang bermain untuk Ansan Greeners dan Nguyen Van Toan (Vietnam) yang direkrut Seoul E-Land.

Baca Juga: Deretan Pemain Persija yang Diboyong Teco ke Bali United, Terkini Ada Ryuji Utomo

Lantas, seperti apa sebetulnya profil dan sepak terjang dari Chungbuk Cheongju FC ini? Berikut ulasan ringkas profil mereka!

Profil Chungbuk Cheongju FC

Chungbuk Cheongju FC tergolong sebagai klub baru di kompetisi profesional Korea Selatan. Klub ini pertama kali didirikan pada 2002 silam atau 21 tahun lalu.

Baca Juga: Jadwal Semifinal Malaysia Open 2023 Hari Ini: Fajar/Rian Ditantang Ganda Korea Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae

Akan tetapi, klub ini pertama dibentuk untuk bermain di kompetisi amatir dengan nama awalnya yaitu Cheongju Solveig Football Club.

Setelah tujuh tahun berkecimpung di kompetisi amatir, klub ini bergabung dengan K3 League atau divisi ketiga Korea Selatan usai berganti nama menjadi Cheongju Jiki FC.

Selama berada di kasta ketiga, prestasi Chungbuk Cheongju tidak spesial-spesial amat. Mereka lebih sering berada di papan bawah.

Baca Juga: Rekap Hasil Malaysia Open 2023: Indonesia Loloskan 3 Wakil di Semifinal

Prestasi terbaik mereka adalah menembus babak 16 besar Piala FA Korea Selatan di musim 2019. Di tahun tersebut, Chungbuk Cheongju merger dengan Cheongju City FC.

Di tahun 2022, Chungbuk Cheongju mengumumkan bahwa mereka akan bermain di K League 2 di musim 2023. Terlepas dari posisi mereka yang hanya finis di peringkat ke-14 pada akhir musim K League 3.

Bisa berpartisipasinya Chungbuk Cheongju di K League 2 tidak terlepas dari keseriusan mereka membangun ulang tim. Salah duanya adalah mereka mendirikan PT dan membuat sistem pembinaan usia dini sebagai regulasi yang dikeluarkan oleh K League untuk bermain di divisi kedua.

Keseriusan Chungbuk Cheongju FC menatap K League 2 musim ini terlihat dari perombakan besar-besaran di dalam skuad. Mereka mendatangkan sekitar 28 pemain baru, termasuk pemain Malaysia, Raj Kogileswaran. 

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak