Profil Erick Thohir, Mantan Bos Inter Milan Calonkan Diri Jadi Ketua Umum PSSI

Sosok Erick Thohir, bakal calon Ketum PSSI.

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Minggu, 15 Januari 2023 | 15:16 WIB
Presiden Inter Milan, Erick Thohir (@erickthohir/Instagram)

Presiden Inter Milan, Erick Thohir (@erickthohir/Instagram)

Gol.bolatimes.com - Sosok Erick Thohir tengah menjadi perbincangan hangat menyusul keputusannya untuk mencalonkan diri menjadi Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) untuk periode 2023-2027.

Kabar pencalonan diri Erick Thohir mengemuka belakangan waktu ini hingga akhirnya resmi diumumkan, Minggu (15/1/2023). Erick Thohir maju menjadi bakal calon Ketum PSSI jelang Kongres Luar Bisa (KLB) PSSI.

Pria yang kekinian menjabat sebagai Menteri BUMN itu berambisi menjadikan sepak bola Indonesia bersih dan berprestasi. Baginya, hal itu bisa dilakukan dengan modal nyali;

"Sudah banyak teori, konsep, untuk perbaikan sepak bola Indonesia. Namun sebenarnya yang kita perlukan adalah nyali untuk mewujudkan sepak bola yang bersih dan berprestasi. Itu yang penting," ujarnya.

Erick Thohir menjadi orang kedua yang mendaftar menjadi Ketum PSSI usai La Nyalla Mattalitti. Diklaim, ia sudah mendapatkan dukungan dari 60 voter PSSI.

Berikut Profil Erick Thohir

Erick Thohir adalah seorang pengusaha sukses dan filantropis Indonesia yang kini menjabat sebagai Menteri BUMN. Lahir 30 Mei 1970, putra pasangan Edna Thohir dan Teddy Thohir ini memang tumbuh dari keluarga pembisnis. Ayahnya bersama William Soeryadjaya adalah perintis dan pemilik Grup Astra Internasional.

Erick memperoleh gelar sarjana (Bachelor of Arts) dari Glendale University pada tahun 1993. Kemudian ia juga berhasil mengambil gelar Master of Business Administration dari Universitas Nasional California, Amerika Serikat.

Sebelum menjabat sebagai Menteri BUMN, Erick Thohir adalah pengusaha sukses yang bergelut di bidang media dan entertainment. Ia berhasil mendirikan perusahaan bernama Mahaka Group yang bergerak di bindang bidang penyiaran, penerbitan, ticketing. Selain itu, ada juga perusahaan yang bergerak di bidang olahraga dan hiburan.

Karier Erick Thohir di Dunia Olahraga

Tak hanya sukses di bidang bisnis, Erick Thohir merambah kecintaannya di bidang olahraga. Ia menjadi pendiri klub Bola Basket Mahaka Satria Mudia Jakarta dan Mahaputri Jakarta.

Erick Thohir bahkan pernah menjabat sebagai Ketua Umum Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) periode 2006-2010. Selanjutnya, menjabat sebagai Presiden Asosiasi Bola Basket Asia Tenggara (SEABA) selama dua periode, yaitu 2006-2010 dan 2010-2014.

Erick Thohir mengepakkan sayapnya sebagai pecinta olahraga hingga luar negeri pada 2013. Bersama Levien memenangkan saham Philadelphia 76ers di DC United, yaitu klub sepak bola professional asal Amerika Serikat bernama Major League Soccer. Erick juga dikenal sebagai pengusaha Asia pertama yang pernah memiliki tim bola basket NBA.

Pada Oktober 2013, Erick Thohir semakin dikenal setelah sukses dan resmi membeli klub Inter Milan, Italia. Namun, pada 2019 Erick melepas seluruh kepemilikan sahan 31,05% atau setara lebih dari Rp2,4 triliun ke LionRock Capital, perusahaan investasi asal Hongkong.

Erick Thohir menjadi tokoh berpengaruh di Indonesia. Berkat perjalanan dan kesuksesan yang dicapainya, tentu menjadi inspirasi bagi kaum muda. Dengan kehadiran Erick Thohir sebagai pemilik baru Persis Solo tentu menjadi kekuatan baru bagi klub.

(Suara.com/Yulia K.)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak