Profil Jumpei Iida, Wasit Laga Thailand vs Vietnam di Leg Kedua Final Piala AFF 2023

Jumpei Iida bakal jadi pengadil Thailand vs Vietnam.

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Minggu, 15 Januari 2023 | 20:00 WIB
Wasit asal Jepang Jumpei Iida jadi pengadil di laga leg kedua babak final Piala AFF 2022 antara Thailand vs Vietnam (Jleague.com)

Wasit asal Jepang Jumpei Iida jadi pengadil di laga leg kedua babak final Piala AFF 2022 antara Thailand vs Vietnam (Jleague.com)

Gol.bolatimes.com - Wasit asal Jepang, Jumpei Iida akan memimpin leg kedua partai final Piala AFF 2022 antara Timnas Thailand versus Vietnam di Stadion Thammasat pada Senin (16/1/2023) pukul 19.30 WIB.

Ditunjuknya Jumpei menjadi wasit membuat minim kontroversi, tidak seperti pada leg pertama final di mana wasit yang memimpin berasal dari Korea Selatan.

Hal ini sempat jadi sorotan mengingat pelatih Vietnam saat ini, Park Hang-seo juga berasal dari Korea Selatan sehingga dikhawatirkan ada konflik kepentingan.

Hadirnya Jumpei Iida ini setidaknya membuat partai leg kedua final Piala AFF 2022 nanti bisa berjalan tanpa ada kritik menyoal negara asal pengadil lagi.

Lantas, seperti apa sepak terjang dari Iida Jumpei ini? Berikut ulasan profilnya!

Profil Jumpei Iida

Jumpei Iida merupakan wasit kelahiran Odawara, Kanagawa, Jepang pada 14 Agustus 1981. Ia termasuk salah satu wasit internasional dari milik Jepang.

Ia sudah memegang lisensi wasit FIFA sejak 2011 silam. Sejak saat itu, Jumpei sudah memimpin sejumlah pertandingan internasional baik klub maupun negara.

Selain menjadi wasit di laga internasional, Jumpei biasanya bertugas sebagai wasit di Liga Jepang. Ia bahkan memegang rekor dunia sebagai wasit yang pernah mencabut kartu merah tercepat di dunia.

Rekor itu dicatatnya dalam pertandingan Tokyo Verdy vs Sagan Togu di ajang J-League 2 pada 2009. Jumpei memberi kartu merah kepada gelandang Sagan Tosu Tomo Sugawara pada detik ke sembilan begitu pertandingan dimulai.

Kartu merah dicabut karena Jumpei Iida menganggap Tomo Sugawara melakukan pelanggaran berat yang disengaja terhadap pemain lawan.

Menurut catatan Transfermarkt, Jumpei Iida total sudah memimpin lebih dari 507 pertandingan di berbagai ajang. Dari jumlah laga itu, ia mengeluarkan 1476 kartu kuning, 31 kartu merah tidak langsung, dan 17 kartu merah langsung.

Pengalaman Jumpei sebetulnya sangat apik, ia sempat menjadi ofisial wasit di Piala FA Inggris, lalu menjadi wasit di laga pra musim antara Liverpool vs Melbourne Victory.

Ia juga tercatat pernah memimpin laga Timnas Indonesia. Tepatnya saat melawan Thailand di leg pertama final Piala AFF 2016.

Ketika itu iida Jumpei didatangkan ke Stadion Pakansari, Bogor. Dalam laga tersebut Timnas Indonesia menang 2-1 atas Thailand.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak