4 Mantan Pemain Timnas Indonesia yang Mendaftar Jadi Exco PSSI di Kongres Luar Biasa 2023

Apakah mantan pemain Timnas Indonesia bisa terpilih?

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Selasa, 17 Januari 2023 | 14:00 WIB
Bambang Pamungkas. (Twitter/@theafcdotcom).

Bambang Pamungkas. (Twitter/@theafcdotcom).

Gol.bolatimes.com - Sampai saat ini, Komite Pemilihan (KP) Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI sudah menerima sederet nama calon anggota Komite Eksekutif (Exco). Menariknya, ada dua nama yang berstatus sebagai mantan pemain Timnas Indonesia.

Dua nama yang berstatus sebagai jebolan Timnas Indonesia ini tercantum dalam daftar 78 calon anggota Exco PSSI yang mendaftar maupun didaftarkan untuk maju dalam Kongres Luar Biasa PSS mendatang.

Nama-nama eks-penggawa Timnas Indonesia ini tentunya akan bersaing dengan pemilik klub, pengurus klub, politisi, pengusaha, hingga selebritas yang juga muncul dalam calon anggota Komite Eksekutif.

Berikut Bolatimes.com menyajikan daftar nama mantan pemain Timnas Indonesia yang mendaftar sebagai calon anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI.

1. Kurniawan Dwi Yulianto

Nama Kurniawan Dwi Yulianto tentunya sudah tak asing bagi seluruh pencinta sepak bola di Indonesia. Sebab, ia adalah sosok striker legendaris ketika masih aktif bermain.

Pada Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI ini, nama Kurniawan Dwi Yulianto muncul sebagai salah satu kandidat calon anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI.

Kurniawan sebagai mantan pemain andalan Timnas Indonesia di era 1990-an adalh pemain jebolan program PSSI Primavera.

Pemain yang lebih akrab dengan julukan Si Kurus ini memang sebelumnya sempat mendaftar sebagai calon Ketua Umum PSSI pada KLB edisi 2017.

Untuk saat ini, pemain yang sudah memiliki 33 gol dan 59 caps bersama skuad Merah Putih itu berstatus sebagai asisten pelatih Como 1970, klub asal Italia.

Sebelumnya, Kurniawan sempat berkarier di Liga Super Malaysia sebagai juru racik Sabah FC.

2. Yeyen Tumena

Selain Kurniawan Dwi Yulianto, mantan pemain Timnas Indonesia lainnya yang namanya muncul sebagai calon kandidat anggota Exco PSSI ialah Yeyen Tumena.

Status Yeyen Tumena sebetulnya juga sama dengan Kurniawan, yakni jebolan program PSSI Primavera 1993-1994.

Sebelum memutuskan untuk meniti karier di dunia kepelatihan, Yeyen sempat mendapatkan status sebagai pegawai negeri sipil (PNS) di Dinas Tata Kota dan Bangunan Pemerintah Kota Tangerang.

Namun, status itu ditanggalkan oleh Yeyen Tumena karena memilih untuk melanjutkan perjalanannya di dunia racik strategi.

Yang terbaru, Yeyen sempat mendapat kepercayaan dari PSSI untuk menjadi caretaker Timnas Indonesia pada Kualifikasi Piala Dunia 2022. Akhir-akhir ini, Yeyen juga ditunjuk oleh PSSI untuk menjadi instruktur di kursus kepelatihan.

3. Bambang Pamungkas

Yang terbaru, ada nama Bambang Pamungkas yang menyusul untuk mendaftarkan namanya sebagai calon Wakil Ketua Umum PSSI.

Kepastian ini didapat setelah Komite Pemilihan mmberikan update terkait penambahan nama-nama calon. Menurut Ketua KP, Amir Burhannudin, nama Bepe terselip di folder spam yang mendaftar via email

Bambang Pamungkas tentunya baka menjadi kandidat yang menarik pada KLB PSSI nanti. Sebab, ia merupakan mantan striker Timnas Indonesia yang namanya legendaris. Sebelumnya, ia juga sempat menjabat sebagai manajer Persija Jakarta.

4. Ponaryo Astaman

Selain Bambang Pamungkas, nama mantan pemain Timnas Indonesia yang belakangan ini menyusul dalam KLB PSSI ialah Ponaryo Astaman.

Sama seperti Bepe, Ponaryo juga mendaftarkan namanya sebagai kandidat Wakil Ketua Umum PSSI untuk periode 2023-2027.

Berbeda dengan Bepe, Ponaryo memang lebih awet terjun sebagai pengelola klub. Saat ini, ia menjabat sebagai Chief Operating Officer (COO) Borneo FC.

Di klub yang sama, ia juga pernah ditunjuk untuk menjadi pelatih kepala secara interim, tepatnya pada akhir Desember 2017 hingga Januari 2018.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak