Daftar Pelatih Asal Jepang yang Cocok Tangani Timnas Indonesia andai Shin Tae-yong Dipecat

Berikut sosok pelatih Jepang yang dinilai cocok tangani Timnas Indonesia andai Shin Tae-yong dipecat.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Selasa, 17 Januari 2023 | 19:30 WIB
Pelatih Timnas Thailand, Akira Nishino (tengah) memimpin sesi latihan resmi di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin (9/9/2019). Latihan tersebut untuk persiapan melawan Timnas Indonesia pada Selasa (10/9), dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G zona Asia. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/nz)

Pelatih Timnas Thailand, Akira Nishino (tengah) memimpin sesi latihan resmi di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin (9/9/2019). Latihan tersebut untuk persiapan melawan Timnas Indonesia pada Selasa (10/9), dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G zona Asia. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/nz)

Gol.bolatimes.com - Berikut daftar pelatih asal Jepang yang cocok menjadi pelatih Timnas Indonesia andai Shin Tae-yong dilengserkan dari jabatannya.

Bukan rahasia lagi jika masa depan Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia tengah menjadi perbincangan di kalangan pendukung dan juga federasi sepak bola Tanah Air, PSSI.

Pasalnya, kegagalan di Piala AFF 2022 menjadi biang keroknya, di mana juru taktik berusia 52 tahun itu kembali gagal membawa skuad Garuda, julukan Timnas Indonesia, menjadi juara.

Baca Juga: Media Thailand Soroti Komentar Netizen Indonesia usai Tim Gajah Perang Juara Piala AFF 2022

Usai hampir menjadi juara pada Piala AFF 2020 lalu, Shin Tae-yong gagal mereplika pencapaiannya itu di edisi 2022 ini usai kalah agregat 0-2 dari Vietnam di babak semifinal.

Atas hasil ini, PSSI pun berniat melakukan evaluasi terhadap kinerja Shin Tae-yong yang telah menukangi Timnas Indonesia sejak awal tahun 2020.

Di sisi lain kontrak eks pelatih Timnas Korea Selatan itu pun akan habis pada Desember 2023 nanti, sehingga masa depannya pun menjadi tak menentu.

Baca Juga: Aksi Gila Eks Striker Chelsea Andre Schurrle, Naik Gunung Bersalju dengan Kondisi Setengah Telanjang

Andai Shin Tae-yong dipecat atau kontraknya tak diperpanjang, PSSI pun akan mencari pelatih lainnya untuk menukangi Timnas Indonesia.

Dengan asumsi bahwa pelatih asal Asia Timur cocok dengan Timnas Indonesia, bisa saja PSSI menunjuk pelatih asal Jepang yang punya rekam jejak apik belakangan ini.

Jika hal itu menjadi kenyataan, siapa saja pelatih asal Jepang yang cocok menukangi Timnas Indonesia? Berikut daftarnya.

Baca Juga: Jadwal Saudi All-Star vs PSG, Duel Pertemuan Cristiano Ronaldo Lawan Rival Abadi Lionel Messi

1. Keisuke Honda

Keisuke Honda dianggap sebagai salah satu pelatih Jepang yang punya potensi. Namanya pun diperbincangkan layak menukangi Timnas Indonesia kelak.

Apalagi dengan kiprahnya yang berhasil mengubah wajah Kamboja menjadi salah satu tim yang patut diperhitungkan di Piala AFF dalam dua edisi terakhir.

Baca Juga: Liga 2 Disetop, Persipura Jayapura Somasi PSSI

2. Toru Oniki

Nama Toru Oniki merupakan salah satu nama asing di telinga penikmat sepak bola Indonesia. Maklum saja, ia berkiprah di Jepang dengan menukangi Kawasaki Frontale.

Pelatih berusia 48 tahun ini layak menjadi kandidat karena dirinya berhasil membuat Kawasaki Frontale menjadi kampiun Liga Jepang atau J League empat kali dari enam musim terakhir.

3. Akira Nishino

Akira Nishino merupakan mantan pelatih Timnas Thailand periode 2019-2021. Ia sempat dicap gaga selama menukangi Gajah Perang.

Tapi pria asal Jepang ini punya rekam jejak apik dengan pernah menjuarai Liga Champions Asia 2008 dan membawa Jepang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak