Indonesia Gelar Upacara Pembukaan Piala Dunia U-20 2023, akan Semeriah Asian Games 2018?

Indonesia mendapat lampu hijau dari FIFA untuk menggelar upacara pembukaan Piala Dunia U-20 2023.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Jum'at, 20 Januari 2023 | 18:17 WIB
Logo Piala Dunia U-20 2023 Indonesia. [PSSI]

Logo Piala Dunia U-20 2023 Indonesia. [PSSI]

Gol.bolatimes.com - Menpora Zainudin Amali memastikan Indonesia mendapat lampu hijau dari FIFA untuk menggelar Upacara Pembukaan Piala Dunia U-20 2023. Lantas akan digelar semeriah Asian Games 2018?

Zainudin Amali menjelaskan bahwa pada awalnya, Piala Dunia U-20 2023 tidak memiliki Upacara Pembukaan khusus. Tanda dimulainya ajang empat tahunan ini cuma akan berlangsung sebelum laga pembuka.

Kini, rencana pemerintah untuk menggelar Upacara Pembukaan telah mendapat restu Presiden FIFA Gianni Infantino. Konsep acara ini akan digodok oleh mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio.

Baca Juga: Usai Dinobatkan Pemain Muda Terbaik, Marselino Ferdinan Berpeluang Tambah Penghargaan Pribadi di Piala AFF 2022

Wishnutama merupakan sosok di balik acara besar yang berlangsung di Tanah Air seperti pembukaan dan penutupan Asian Games 2018 hingga acara makan malam yang megah dalam Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana, Bali.

“Jadi nanti kami menunggu rapat kabinet terbatas, karena tadinya itu tidak masuk ya sekarang kami masukkan," kata Zainudin Amali di GBK Arena, Jakarta, Kamis (19/1/2023) malam.

Meski dipastikan bakal menggelar Upacara Pembukaan, Menpora Amali belum mengetahui di mana dan kapan event itu akan berlangsung. Detail seperti apa susunan acaranya pun masih belum bisa diketahui.

Baca Juga: Park Hang-seo Akui Shin Tae-yong Bawa Timnas Indonesia Lebih Baik

Piala Dunia U-20 2023 akan berlangsung pada 20 Mei hingga 11 Juni mendatang. Ada enam venue yang akan dipakai menggelar hajatan di mana Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah.

Venue tersebut adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Jakabaring (Palembang), Si Jalak Harupat (Bandung), Manahan (Solo), Gelora Bung Tomo (Surabaya) dan Kapten I Wayan Dipta (Bali).

Lebih jauh, Amali menekankan bahwa Upacara Pembukaan ini tidak akan semeriah Opening Ceremony Piala Dunia 2022 Qatar yang menampilkan berbagai tarian serta teknologi tinggi di Al Bayt Stadium, Al Khor, Qatar, pada 20 November 2022 lalu.

Baca Juga: Kalah dari Persis Solo, Thomas Doll Curiga Timnya Tak Berniat Puncaki Klasemen Liga 1

"Tapi jangan kalian bayangkan kemeriahan pembukaan itu sama dengan senior ya, rencana ini saja sudah menjadi kemajuan. Tadinya kita hanya boleh pertandingan pertama itu sebagai pembukaan," pungkasnya.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak