3 Alasan Timnas Indonesia Tak Diundang Malaysia untuk Tampil di Piala Merdeka 2023

Padahal, dulu Timnas Indonesia kerap diundang ke Piala Merdeka

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Senin, 23 Januari 2023 | 17:00 WIB
Potret aksi pemain Timnas Indonesia saat ditahan imbang Vietnam 0-0 di leg pertama semifinal Piala AFF 2022. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/hp)

Potret aksi pemain Timnas Indonesia saat ditahan imbang Vietnam 0-0 di leg pertama semifinal Piala AFF 2022. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/hp)

Gol.bolatimes.com - Keputusan Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) untuk tak mengundang Timnas Indonesia berpartisipasi di Piala Merdeka 2023 sebetulnya cukup masuk akal.

Setidaknya, ada tiga alasan kuat yang membuat Timnas Indonesia tak diperhitungkan sehingga layak diundang sebagai salah satu peserta turnamen Piala Merdeka 2023.

Alasan-alasan inilah yang memang akhirnya membuat FAM memilih tiga kandidat yang akan bersaing dengan Timnas Malaysia di Piala Merdeka 2023.

Untuk diketahui, ketiga kandidat yang menjadi calon peserta Piala Merdeka 2023 ini secara peringkat dan kualitas memang jauh di atas Indonesia.

Sejatinya, Indonesia punya rekam jejak yang apik di turnamen ini. Sebab, skuad Garuda pernah tiga kali meraih gelar juara Piala Merdeka. Masing-masing diraih pada edisi 1961, 1962, dan 1969.

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga alasan yang membuat Timnas Indonesia tak diundang Malaysia untuk berpartisipasi di Piala Merdeka 2023.

1. Ranking FIFA Timnas Indonesia Rendah

Jika mempertimbangkan ranking FIFA negara-negara yang akan diundang mengikuti Piala Merdeka 2023, tentu saja posisi Timnas Indonesia masih sangat jauh.

Sebab, saat ini Timnas Indonesia masih berada di urutan ke-151 ranking FIFA, Adapun Malaysia yang berstatus tuan rumah penyelenggara berada di urutan ke-145.

Jika Malaysia mencari lawan yang tangguh untuk mempersiapkan diri menghadapi Piala Asia 2023, tentu Indonesia bukanlah lawan yang tepat.

Sebab, Harimau Malaya membutuhkan lawan yang lebih tangguh agar persiapan mereka bisa semakin matang menghadapi turnamen tersebut.

2. Kalah Saing dengan Thailand dan Vietnam

Selanjutnya, Timnas Indonesia juga tak terlalu bisa bersaing jika disandingkan dengan dua tim terkuat Asia Tenggara saat ini, Vietnam dan Thailand.

Buktinya, Timnas Indonesia tak bisa berkutik ketika menghadapi dua negara tersebut di turnamen Piala AFF 2022.

Itulah sebabnya, Malaysia tak mengundang Indonesia untuk berpartisipasi di Piala Merdeka 2023. Alasan terkuatnya tentu berkaitan dengan performa skuad Garuda yang tak jauh lebih kuat ketimbang mereka.

3. Kualitas Timnas Indonesia Menurun

Jika dibandingkan dengan beberapa momen sebelumnya, kualitas permainan dan pemain Timnas Indonesia memang mengalami penurunan di Piala AFF 2022.

Terbukti, anak asuh Shin Tae-yong gagal melaju ke final. Performa yang diperlihatkan kala bersua Thailand, Vietnam, dan Filipina jadi buktinya.

Performa semacam ini tentu saja sangat bertolak belakang dari permainan Timnas Indonesia ketika menghadapi Kualifikasi Piala Asia 2023 dan FIFA Matchday.

Dalam ajang yang disebut terakhir, skuad Garuda sukses menang dua kali atas Curacao yang secara peringkat jauh di atas Indonesia.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak