Profil SK Beveren, Klub Pemuncak Klasemen Divisi 2 Belgia yang Inginkan Marselino Ferdinan

SK Beveren saat ini memimpin klasemen sementara dan berpotensi promosi ke kasta tertinggi pada musim depan

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Selasa, 24 Januari 2023 | 18:00 WIB
Foto tim SK Beveren untuk musim 2022/2023. (Facebook/SK Beveren)

Foto tim SK Beveren untuk musim 2022/2023. (Facebook/SK Beveren)

Gol.bolatimes.com - Gelandang muda Persebaya Surabaya, Marselino Ferdinan, mulai dikait-kaitkan dengan sejumlah klub kasta kedua Liga Belgia, salah satunya yakni SK Beveren.

Dari rumor yang beredar kencang di media sosial, SK Beveren menjadi salah satu klub asal Belgia yang berminat untuk mendatangkan Marselino Ferdinan.

Selain munculnya nama SK Beveren, ada pula klub kasta kedua Liga Belgia lainnya yang juga dikabarkan berminat untuk merekrut pemain Timnas Indonesia ini, yakni Beerschot VA.

Meskipun demikian, sampai saat ini belum ada kepastian resmi ke mana Marselino Ferdinan akan berlabuh. Yang jelas, pemain kesayangan Shin Tae-yong ini akan bertolak ke Belgia pada Rabu (25/1/2023).

Itu menjadi satu-satunya informasi yang bisa diberikan oleh manajemen Persebaya Surabaya, Yahya Alkatiri, saat ditanya soal masa depan pemain berusia 18 tahun tersebut.

"Untuk masalah Marsel, kami lihat dulu perkembangannya, yang jelas pekan ini, Insya Allah 25 Januari, dia ke Belgia," kata Yahya di Surabaya, Selasa.

Profil SK Beveren

Sportkring Beveren merupakan klub sepak bola asal Belgia yang berbasis di Beveren, East Flanders. Sejarah klub ini sebetulnya sudah bisa dilacak sejak 1936 dan berhubungan erat dengan Red Star.

Awalnya, mereka berstatus sebagai klub sepakbola amatir. Pada 1944, tim ini bergabung dengan Royal Belgian Football Association dan memulai bermain di kasta terendah Liga Provinsi di West Flanders.

Untuk kali pertama, mereka bisa menembus kompetisi sepak bola nasional pada 2000-2001 saat meraih tiket promosi. 

Setelah mencatatkan penampilan pertamanya di Divisi Ketiga, mereka memutuskan pindah ke stadion yang lebih besar, yakni Puyenbekestadion, yang sebelumnya digunakan oleh Sing-Niklase SKE.

Perpindahan homebase ini pada akhirnya juga diikuti dengan perubahan nama menjadi KV Red Star Waasland. Pada tahun 2010, mereka juga kembali melakukan perubahan identitas.

Klub ini kemudian mengubah namanya dari Red Star Waasland menjadi Waasland-Beveren dan kembali pindah ke stadion yang lebih besar, yakni Freethiel Stadion.

Salah satu catatan sejarah yang diciptakan tim ini ialah melakukan perubahan pemilik saham. Pada 13 September 2020, kelompok investor asal Amerika Serikat, Bolt Football Holdings, membeli saham klub ini sebesar 97%.

Adapun pada Juni 2022, klub ini mengumumkan kesepakatannya dengan KSK Beveren untuk menggabungkan identitas keduanya menjadi SK Beveren mulai 1 Juli 2022.

Untuk musim ini, performa SK Beveren memang cukup ciamik. Sebab, mereka sukses memuncaki klasemen sementara Divisi Kedua Liga Belgia 2022/2023.

Dari total 19 pertandingan, SK Beveren sukses mengumpulkan 38 poin. Mereka ditempel ketat RWDM yang berada di urutan kedua dengan koleksi 37 poin.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak