Kena Karma, Undangan Malaysia Tampil di Piala Merdeka Ditolak Mentah-mentah Thailand

Thailand menolak undangan Malaysia tamil di Piala Merdeka 2023.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Rabu, 25 Januari 2023 | 12:27 WIB
Tim sepak bola Thailand melakukan selebrasi juara Piala AFF 2022 setelah mengalahkan Vietnam dalam pertandingan leg kedua final di Stadion Thammasat di Bangkok pada 16 Januari 2023. Lillian SUWANRUMPHA/AFP.

Tim sepak bola Thailand melakukan selebrasi juara Piala AFF 2022 setelah mengalahkan Vietnam dalam pertandingan leg kedua final di Stadion Thammasat di Bangkok pada 16 Januari 2023. Lillian SUWANRUMPHA/AFP.

Gol.bolatimes.com - Kampiun Piala AFF 2022, Timnas Thailand, menolak mentah-mentah tawaran Federasi Sepak Bola Malaysia atau FAM untuk berlaga di Piala Merdeka 2023. Kena karma karena tak ajak Timnas Indonesia?

Usai gelaran Piala AFF 2022, jagat sepak bola Asia Tenggara akan disibukkan dengan turnamen-turnamen tak resmi. Salah satunya Piala Merdeka yang digagas oleh FAM selaku Federasi Sepak Bola Malaysia dan dijadwalkan akan digelar pada tahun ini.

Turnamen ini sendiri sejatinya merupakan turnamen tahunan. Namun, kompetisi ini sempat terhenti gelarannya pada 2013 lalu.

Baca Juga: Habis Dipecundangi Arsenal, Erik ten Hag Pede Manchester United Akhiri Puasa Gelar

Adapun langkah FAM menggelar turnamen ini sebagai persiapan untuk berpartisipasi di Piala Asia 2023 yang akan digelar di Qatar.

Sebagai penyelenggara, FAM pun mulai mencari lawan untuk turnamennya ini, di mana ada empat lawan yang akan berpartisipasi di ajang ini.

Semula, empat lawan yang diundang itu adalah Suriah, Palestina, Vietnam, dan Thailand. Tetapi, justru India lah yang menjadi peserta pertama di Piala Merdeka 2023.

Baca Juga: Here We Go! Penampakan Asnawi Mangkualam Jalani Tes Medis di Jeonnam Dragons

Lantas, bagaimana dengan Timnas Indonesia? Usut punya usut, FAM lewat salah satu petingginya, Mohd Firdaus Mohammed, tak mengajak skuad Garuda.

Bahkan, Mohd Firdaus Mohammed seakan menyindir Timnas Indonesia dengan hanya mengajak Vietnam dan Thailand yang dianggap punya kualitas dan standar permainan level Asia.

Padahal, Timnas Indonesia sendiri bisa dikatakan langganan Piala Merdeka, sejak pertama kali dihelat pada tahun 1957 silam.

Baca Juga: Gara-gara Asnawi Mangkualam, Netizen 'Silaturahmi' ke Akun Jeonnam Dragons

Bak kena karma, keputusan Malaysia tak mengajak Timnas Indonesia di turnamen ini berujung pada penolakan dari Timnas Thailand yang menjadi salah satu tim undangan.

Dilansir dari kicauan akun Twitter @theaseanball, Timnas Thailand memilih menolak ajakan Malaysia tersebut dan tak akan tampil di Piala Merdeka 2023.

Baca Juga: 6 Pesepak Bola Indonesia yang Pernah Berkarier di Liga Belgia, Marselino Ferdinan Menyusul?

Hal ini dikonfirmasi oleh Sekretaris Jenderal FA Thailand, yakni Patit Suphaphong. Adapun penolakan ini dikarenakan tim berjuluk Gajah Perang itu punya hajatan sendiri.

FA Thailand diketahui akan menggelar turnamen tahunan bertajuk King Cup 2023 yang diyakini juga akan menjadi persiapan Timnas Thailand di Piala Asia 2023 nanti.

Jika melihat Prestise kedua turnamen itu, King Cup dirasa lebih mumpuni secara gengsi. Sebab, ajang ini pernah menghadirkan bintang-bintang ternama.

Sebut saja Robert Lewandowski bersama Polandia, lalu Pierre-Emerick Aubameyang bersama Gabon, dan juga sederet legenda maupun bintang ternama lainnya.

Tak ayal, penolakan dari Timnas Thailand untuk berlaga di Piala Merdeka 2023 pun seakan menjadi karma karena Malaysia tak mengajak Timnas Indonesia, tim yang mampu membuat Gajah Perang kesulitan dalam dua tahun terakhir.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak