Pemain atau Eks Timnas Indonesia yang Pernah Berseragam Arema FC

Sederet eks Timnas Indonesia sempat gabung Arema FC.

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Senin, 30 Januari 2023 | 21:00 WIB
Evan Dimas berseragam Arema FC.(Instagram @evhandimas)

Evan Dimas berseragam Arema FC.(Instagram @evhandimas)

Gol.bolatimes.com - Sebagai salah satu tim besar dan legendaris di Indonesia, Arema FC telah banyak menyumbangkan pemain-pemainnya untuk Timnas Indonesia.

Namun kini Arema FC tengah ada di kondisi yang tak kondusif. Singo Edan mempertimbangkan untuk membubarkan tim karena menjadi sasaran kebencian berbagai pihak pasca Tragedi Kanjuruhan.

Rencana itu disampaikan Tatang Dwi Arifianto, selaku Komisaris PT Arema Aremania Bersatu Berprestasi Indonesia (PT. AABI) setelah pecahnya kericuhan di "Kandang Singa" alias kantor Arema FC, Minggu (29/1/2023) siang WIB.

Kantor Arema FC mengalami kerusakan setelah pecahnya demonstrasi yang digagas Aremania. Ricuh dan bentrok antar sesama pendukung terjadi di mana beberapa orang dikabarkan luka-luka.

Tentu akan sangat disayangkan jika Arema FC akhirnya membubarkan timnya. Padahal, tim yang sudah berdiri sejak 1987 itu berstatus sebagai mantan juara di Indonesia.

Selama berkarier di sepak bola Indonesia, Arema punya sederet prestasi di antaranya juara Indonesia Super League (ISL) di musim 2009/10 dan dua kali menjuarai Copa Indonesia.

Keberhasilan Arema FC menjadi klub besar di Indonesia tidak terlepas dari hadirnya para pemain bintang dan legendaris yang juga punya kontribusi buat Timnas indonesia.

Ada sejumlah nama, mulai dari Aji Santoso, Kuncoro, Ahmad Bustomi, Arif Suyono, Beny Wahyudi, hingga Kurnia Meiga. Namun, untuk Bustomi, Arif Suyono, dan Beny Wahyudi, bukanlah pemain yang benar-benar merupakan didikan Arema mengingat mereka sudah pernah bermain untuk klub profesional sebelum bergabung dengan Singo Edan.

Aji Santoso langsung masuk Timnas Indonesia pada 1990. Dia sudah sibuk membela tim nasional ketika usianya masih 19 tahun. Dia juga masuk dalam skuat Indonesia ketika meraih medali emas di SEA Games 1991 Manila.

Sementara Kuncoro mulai dipanggil ke Timnas Indonesia pada 1994. Kariernya di Timnas Indonesia memang tidak lama, hanya 4 tahun. Tapi, dia sempat jadi pemain inti Tim Merah Putih.

Di era 2010-an, juga ada Kurnia Meiga yang selalu jadi andalan di bawah mistar Timnas Indonesia. Harusnya dia punya caps lebih banyak di level senior, tapi dia tersrang penyakit pada puncak kariernya.

Di era sekarang, banyak pula pemain-pemain Arema FC yang dipercaya untuk membela Timnas Indonesia. Sebut saja di antaranya ada Dedik Setiawan dan Kushedya Hari Yudo.

Selain mereka, ada juga Evan Dimas dan Ilham Udin Armayn. Kedua pemain ini sempat jadi bintang di Timnas Indonesia U-19 besutan Indra Sjafri.

Namun berbeda dengan Evan Dimas yang masih dipercaya memperkuat timnas senior, Ilham Udin tak pernah mencicipi caps untuk Timnas Indonesia.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak