3 Negara Kuat Asia yang Bisa Jadi Lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday, Clue 100 Besar Dunia

Tak perlu jauh-jauh, ini tiga negara kuat Asia yang bisa menjadi lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Selasa, 31 Januari 2023 | 16:00 WIB
Abdulla Yusuf Helal tampil membela Timnas Bahrain saat tahan imbang Kanada 2-2. (Instagram/abdulla_yusuf_)

Abdulla Yusuf Helal tampil membela Timnas Bahrain saat tahan imbang Kanada 2-2. (Instagram/abdulla_yusuf_)

Gol.bolatimes.com - Timnas Indonesia bisa menjajal tiga negara kuat di Asia saat menjalani pertandingan FIFA Matchday periode Maret 2023. Negara-negara ini masuk di posisi 10 besar peringkat FIFA.

Lawan-lawan kuat dari kawasan Asia ini memang sangat penting bagi Timnas Indonesia. Sebab, selain bisa mendongkrak ranking FIFA, skuad Garuda juga bisa menguji kekuatannya jelang Piala Asia 2023.

Meskipun demikian, sejauh ini belum ada lawan yang diumumkan oleh PSSI. Direktur Teknik (Dirtek) Indra Sjafri, menyebut pihaknya akan mencari lawan yang berkualitas untuk skuad Merah Putih. 

"Sabar. Konsentrasi pengurus sekarang atau yang akan datang atau konsentrasi saya semua FIFA Matchday harus dijalani karena semua itu wadah Timnas melakukan uji coba tingkatkan levelnya," kata Indra di Kemenpora, Senin (30/1).

"Tentu level-level lawan kita pikirkan juga. Ada lawan yang mungkin kita memang kita bisa ambil poin dan juga lawan yang memang untuk tingkatkan kualitas," ucap Indra menambahkan.

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga negara kuat Asia yang bisa menjadi lawan tanding Timnas Indonesia pada ajang FIFA Matchday periode Maret 2023.

1. Bahrain

Timnas Bahrain menjadi lawan pertama yang layak diuji kekuatannya oleh Timnas Indonesia pada ajang FIFA Matchday yang akan datang.

Pasalnya, skuad Garuda harus bisa menghadapi lawan asal negara semenanjung Arab yang kuat untuk bisa memetakan kekuatan gaya bermainnya.

Pada Kualifikasi Piala Asia 2023 lalu, skuad Merah Putih sempat tumbang 0-1 dari Yordania, negara Arab yang saat ini berada di posisi 84 ranking FIFA.

Sementara itu, Bahrain posisinya tak jauh berbeda, yakni ranking 85. Dengan demikian, kedua tim ini punya kekuatan yang nyaris sepadan dan layak untuk dijajal skuad Garuda.

2. Suriah

Selain Bahrain, negara kawasan semenanjung Arab lainnya yang juga patut dicoba oleh anak asuh Shin Tae-yong ialah Timnas Suriah.

Alasannya, Suriah saat ini tergabung pada pot kedua dalam undian fase grup Piala Asia 2023. Secara peringkat, Suriah memang berada di peringkat 90 ranking FIFA.

Dengan kata lain, tim ini punya kekuatan yang cukup tangguh untuk bisa menjadi lawan Timnas Indonesia pada ajang FIFA Matchday yang akan datang.

3. Palestina

Timnas Indonesia sepertinya akan sulit untuk mencari lawan yang berada di pot pertama. Sebab, selain jadwal pertandingan, secara kekuatan juga masih jauh di atasnya.

Oleh karena itu, alternatifnya ialah menghadapi lawan yang cukup tinggi ranking FIFA-nya, tetapi juga punya kekuatan yang bisa ditaklukkan.

Opsi tersebut mengarah pada Palestina. Bukan tidak mungkin, skuad asuhan Shin Tae-yong bisa mengalahkan tim yang saat ini duduk di urutan 93 pada ranking FIFA tersebut.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak