Menohok! Thomas Doll Blak-blakan Sindir TC Timnas U-20, Sebut Shin Tae-yong Tak Paham

Thomas Doll kembali kritik Shin Tae-yong. Dia tak segan menyampaikan uneg-uneg secara terbuka

Jum'at, 03 Februari 2023 | 08:54 WIB
Thomas Doll mengatakan harus berpikir keras untuk menentukan posisi pemain karena banyak pemain mudanya dipanggil ke timnas Indonesia U-19. (YouTube/Persija Jakarta)

Thomas Doll mengatakan harus berpikir keras untuk menentukan posisi pemain karena banyak pemain mudanya dipanggil ke timnas Indonesia U-19. (YouTube/Persija Jakarta)

Gol.bolatimes.com - Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll, memberikan kritikan mengenai program training camp (TC) Timnas Indonesia U-20. Tak hanya itu, dia juga menyebut Pelatih Shin Tae-yong tidak paham.

Ini menyikapi sembilan pemain Persija yang dipanggil mengikuti TC untuk persiapan Piala Asia U-20 2023 yang berlangsung pada 1-18 Maret mendatang. Thomas Doll melayangkan kritik karena Shin Tae-yong kerap menerapkan program TC jangka panjang yang cukup merugikan tim.

Shin Tae-yong (instagram.com/shintaeyong7777)
Shin Tae-yong (instagram.com/shintaeyong7777)

Padahal menurut Doll pemain-pemain U-20 harusnya dibiarkan di tim agar berkembang dalam kompetisi. Sementara TC cuma latihan-latihan tanpa bertanding di kompetisi.

"Di sini saya tidak bicara sebagai manajer Persija karena harusnya pemain U-20 itu tampil di Liga 1, mereka berlatih bersama Yusuf (Helal), Hanno (Behrens), (Ondrej) Kudela, (Michael) krmencik. Saat bermain mereka berkompetisi melawan Ilija Spasojevic, Ciro Alves, jadi ada sebuah kompetisi. Itu adalah level yang sangat bagus karena mereka akan tampil di hadapan 40 ribu penonton," kata Thomas Doll saat konferensi pers, Kamis (2/2/2023).

"Ini kompetisi bukan latihan saja, karena TC itu kan cuma latihan, latihan, latihan, latihan tapi tak ada rasa kompetisinya. Februari mereka harus TC (Piala Asia) terus saat Piala Dunia U-20 harus TC lagi, jadi pulang balik, tapi mereka tak merasakan sama sekali sebuah kompetisi."

"Saya tidak paham dengan pelatih U-20 karena U-20 kalau di Eropa izin mau ada turnamen bisa tidak pemain U-20 diberi waktu tampil di liga utama di tim senior. Saya mau yang terbaik juga buat sepak bola Indonesia."

"Kemudian (Muhammad) Ferarri contohnya tahun lalu menit main sedikit, tampil tidak begitu bagus tapi setelah ini setelah di kompetisi dia dapat pendamping yang bagus, jadi bisa dilihat sekarang dia bagus itu intinya. Pemain U-20 itu butuh kompetisi. Saya merasa STY enggak paham soal ini," jelasnya.

Lebih lanjut Thomas Doll menyebut tidak tahu kapan harus melepas kesembilan pemainnya itu karena masih dibutuhkan tim. Eks juru taktik Borussia Dortmund itu akan mencoba berkomunikasi dengan PSSI

"Saya juga tidak tahu kapan harus dilepas pemain karena sampai sekarang kondisinya kami harus tanding sampai 34 pertandingan memperjuangkan kemenangan penting di BRI Liga 1. Tapi kalau kondisi seperti ini akan susah, tapi saya tanya ke teman-teman wartawan kenapa masalah TC ini nggak ada yang nanya? apakah bagus buat pemain U-20 atau gak. Saya merasa ini gak bagus."

"Pasti kami akan kirim, tapi Karena TC ini di Jakarta saya mau minta kalau bisa dipinjam pemain kalau akan bermain di Jakarta. Saya menekankan ini nggak bagus buat perkembangan U-20 jadi saya akan bicara lagi dengan federasi agar dikasi keringanan," ia menambahkan.

Adapun sembilan pemain Persija yang dipanggil adalah Achmad Maulana Syarif, Alfriyanto Nico Saputro, Cahya Supriadi, Doni Tri Pamungkas, Frengky Deaner Missa, Ginanjar Wahyu Ramadhani, Muhammad Ferarri, Resa Aditya Nugraha, Barnabas Sobor. Mereka semua memang sering mendapatkan menit bermain dari Thomas Doll.

"Percaya sama saya di Eropa di Amerika Selatan gak ada TC panjang-panjang karena semua tampil di liga utamanya di mana kalau ada Piala Dunia akan tampil di kompetisi. Karena sampai sekarang di klub Eropa dan Amerika klub yang gaji pemain itu. Mungkin di korsel agak berbeda," pungkasnya.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak