Bek Telstar U-21 Damian van Dijk Tertarik Bela Timnas Indonesia U-20, Siapa DIa?

Mengenal Damian van Dijk, pemain Telstar U-21 yang memiliki keturunan Indonesia.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Minggu, 05 Februari 2023 | 12:00 WIB
Damian Van Dijk, bek Telstar U-21 yang tertarik bela Timnas Indonesia. (Instagram)

Damian Van Dijk, bek Telstar U-21 yang tertarik bela Timnas Indonesia. (Instagram)

Gol.bolatimes.com - Pemain keturunan Indonesia-Belanda yang kini berkarier bersama Telstar U-21, Damian van Dijk, menyatakan ketertarikannya untuk memperkuat Timnas Indonesia U-20.

Jika Damian Van Dijk benar-benar mendapatkan kesempatan untuk bermain bersama Timnas Indonesia U-20, tentunya dia akan menjadi salah satu senjata andalan.

Pasalnya, Damian Van Dijk yang kini bermain bersama Telstar U-21 itu memiliki postur yang sangat menjulang tinggi, karena mencapai 191 cm.

Baca Juga: Profil Aidil Usman Diarra, Pemain Nusantara United FC Keturunan Mali Resmi Gabung Klub Taiwan

Selain bisa bermain sebagai bek tengah, Damian Van Dijk juga bisa ditempatkan di sejumlah posisi, baik itu bek kanan maupun gelandang bertahan.

Profil Damian Van Dijk

Sebagai informasi, Damian Van Dijk ialah pemain yang tercatat lahir di Haarlem, Belanda, tepatnya pada 14 Maret 2004. Saat ini, dia berstatus sebagai penggawa Telstar U-21.

Baca Juga: Persib Bandung Pasang Target Menang Lawan PSS Sleman, Luis Milla Minta Dukungan Bobotoh

Pemain yang biasa beroperasi sebagai bek tengah ini memang masih berusia 19 tahun. Sebelum bermain untuk Telstar U-21, dia sudah sempat merasakan bermain bersama sejumlah klub yang berbeda.

Awal mula perjalanan Damian Van Dijk menimba ilmu sudah dimulai sejak usia yang sangat muda. Pasalnya, dia sudah berlatih bersama SV Dios sejak 2007 hingga 2017.

Setelah itu, beberapa klub yang pernah menempa Damian Van Dijk saat berusia muda ialah FC Lisse (2017-2019), DWS (2019-2020), dan kembali ke FC Lisse (2020-2021).

Baca Juga: Mengenal Union Berlin, Klub yang Didirikan Anggota Politbiro yang Berpeluang Juara Bundesliga

Damian Van Dijk juga dikenal sebagai seorang pemain yang multi-posisi. Sebab, selain bek tengah, dia juga bisa ditempatkan sebagai gelandang tengah atau bek kanan.

Kalaupun Damian bersedia memperkuat timnas Indonesia, maka dia bakal menjadi salah satu sosok yang bermanfaat bagi skuad Merah Putih di barisan pertahanan.

Selain dibesarkan, ditempa, dan diasah di Eropa, Damian Van Dijk juga memiliki keunggulan lain yang tak dimiliki pemain asal Indonesia, yakni postur badan.

Baca Juga: Tak Ada Motivasi dan Gairah, Arema FC Terus Terpuruk, Untung BRI Liga 1 Tanpa Degradasi

Dikutip dari laman Transfermarkt, Damian Van Dijk diketahui memiliki tinggi badan yang menjulang, yakni 191 cm. Ini bisa bermanfaat bagi skuad Merah Putih di masa yang akan datang.

Awal mulanya bermain bersama Telstar U-21 sebetulnya sudah bisa dilacak sejak Juli 2021. Sebab ketika itu dia direkrut untuk memperkuat Telstar U-17.

Setahun berselang, atau tepatnya pada pertengahan 2022, dia dipromosikan untuk memperkuat U-21. Ini cukup mengagetkan karena usianya saat itu baru 18 tahun.

Keinginan Damian Van Dijk untuk bermain bersama timnas Indonesia tentu sangat terbuka. Sebab, dia memiliki garis keturunan campuran Indonesia-Belanda dari kedua orang tuanya.

Sebagai informasi, ibu kandung Damien Van Dijk berasal dari keturunan Belanda, sedangkan garis keturunan Indonesia didapatkan dari ayah kandungnya.

Menurut penuturan Damian Van Dijk, ayahnya sejak kecil sudah diadopsi oleh kakeknya yang berasal dari Negeri kincir Angin. Setelah itu, ia diberi nama keluarga, Van Dijk.

Selain itu, ayah kandungnya juga berasal dari Bogor, Jawa Barat. Hal itu merujuk pada dokumen adopsi ayahnya ketika dibawa ke Belanda oleh keluarganya.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak