Mengenal Silsilah Lengkap Jordi Amat, Cicit Buyut dari Raja Siau Bernama Manalang Doelag Kansil

Darah Indonesia mengalir ke tubuh Jordi Amat karena ia cicit dari seorang Raja Siau bernama Manalang Doelag Kansil.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Senin, 06 Februari 2023 | 14:30 WIB
Bek Timnas Indoensia, Jordi Amat. (Instagram/@jordiamat5)

Bek Timnas Indoensia, Jordi Amat. (Instagram/@jordiamat5)

Gol.bolatimes.com - Mengenal silsilah lengkap Jordi Amat, pemain naturalisasi Timnas Indonesia yang ternyata memiliki garis keturunan raja di Nusantara.

Jordi Amat merupakan salah satu pemain naturalisasi yang belum lama ini telah membela Timnas Indonesia di ajang internasional.

Pemain berusia 30 tahun ini pertama kali mencatatkan debutnya di ajang Piala AFF 2022, yakni kala skuad Garuda, julukan Timnas Indonesia, bertanding melawan Kamboja di fase grup.

Baca Juga: Link Live Streaming Madura United vs Persis Solo di BRI Liga 1, Kick Off Sore Ini

Penampilannya yang tenang di lini belakang pun lantas membuat eks penggawa Espanyol dan Swansea City ini menjadi andalan Shin Tae-yong.

Tercatat sejak debutnya pada laga pertama fase grup Piala AFF 2022 lalu, Jordi Amat telah mencatatkan empat penampilan bagi Timnas Indonesia.

Dengan penampilannya yang tenang dalam mengawal pertahanan dan kemampuannya melepaskan operan dengan akurat, banyak yang menyayangkan Jordi Amat baru bisa membela Timnas Indonesia di usianya yang sudah kepala tiga.

Baca Juga: Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023, Indonesia Dapat Perlakuan Spesial dari FIFA

Terlepas dari penampilannya bersama Timnas Indonesia, masih banyak yang bertanya-tanya soal darah Indonesia yang mengalir pada tubuh Jordi Amat.

Setelah ditelusuri lebih jauh, ternyata Jordi Amat memiliki garis keturunan raja di Nusantara, tepatnya raja dari Kerajaan Siau di Sulawesi Utara.

Jordi Amat bantu JDT raih kemenangan atas Lokomotiv Moscow di laga uji coba (Facebook/JOHOR Southern Tigers)
Jordi Amat bantu JDT raih kemenangan atas Lokomotiv Moscow di laga uji coba (Facebook/JOHOR Southern Tigers)

 

Baca Juga: Sudah Gabung TC Timnas Indonesia U-20, Ini Kata Pemain Muda Persija

Keturunan Raja

Sebagai informasi, sebelum menjadi bagian dari Timnas Indonesia, Jordi Amat sempat membela Timnas Spanyol di level kelompok umur.

Tercatat, ia pernah membela Timnas Spanyol dari U-17, U-19, U-20, dan U-21 bersama para pemain top seperti Alvaro Morata.

Baca Juga: Marselino Ferdinan Pindah ke KMSK Deinze, Kekecewaan Shin Tae-yong jadi Sorotan Media Malaysia

Jordi Amat bisa membela Spanyol di level kelompok umur dikarenakan dirinya lahir di negeri Matador, tepatnya di Barcelona.

Ia pun tumbuh dan berkembang menjadi pesepak bola handal di Catalunya, Barcelona. Sehingga wajar jika dirinya membela Timnas Spanyol di usia muda.

Sedangkan darah Indonesia di tubuhnya diketahui dari wawancaranya, di mana Jordi Amat mengaku memiliki darah keturunan dari sang nenek.

Diketahui, sang nenek ternyata merupakan keturunan raja, yakni Raja Siau dari Kerajaan Siau yang terletak di Sulawesi Utara.

Raja Siau yang memiliki pertalian darah dengan Jordi Amat adalah Manalang Doelag Kansil atau MD Kansil yang merupakan Raja Siau ke-17 yang memerintah sejak 1895 hingga 1909.

Saat masih hidup, MD Kansil memiliki lima istri, yakni Rachel Doali, Abigael Ponto, Agustina Ponto, Kadio, dan Bembeng. Nah, Jordi Amat memiliki darah Indonesia dari Agustina Ponto.

Agustina Ponto dan MD Kansil memiliki buah hati bernama Francine Kansil yang kemudian dinikahi oleh pria berdarah Spanyol-Filipina.

Dari pernikahan itu, lahirlah anak bernama Isje Villanueva dan Etty Villanueva. Dari sana, Isje kemudian menikah dengan Willie Mass yang merupakan Direktur Utama Perusahaan Kereta

Dari pernikahan itu lahirlah Jag Amat Maas yang kemudian menikah dengan Liran Amat Maas dan melahirkan seorang Jordi Amat beserta ketiga adiknya.

Silsilah ini pun kian menegaskan bahwa Jordi Amat merupakan keturunan raja yakni MD Kansil. Hal ini pun diakuinya kala berbincang dengan acara televisi Spanyol bernama Tot se mou.

“Ketika saya masih kecil, nenek saya memberitahu saya kalau saya adalah putra mahkota. Saya pikir itu hanya cerita semata dan tidak lebih,” ujar Jordi Amat dilansir dari CCMA.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak