3 Klub Liga Jepang yang Mungkin Jadi Pelabuhan Terbaru Marc Klok

Marc Klok tertarik pindah ke Jepang, mungkin bergabung ke salah satu klub ini.

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Senin, 06 Februari 2023 | 16:45 WIB
Marc Klok. (PSSI)

Marc Klok. (PSSI)

Gol.bolatimes.com - Sejumlah klub Liga Jepang bisa saja dipilih gelandang Timnas Indonesia, Marc Klok, untuk menjadi pelabuhan barunya jika meninggalkan Persib Bandung.

Hal ini memang sejalan dengan ambisi dan cita-cita Marc Klok yang sempat menyebut bahwa dirinya memiliki keinginan untuk melanjutkan karier di Liga Thailand atau Jepang.

Hal itu diucapkan gelandang kelahiran Belanda ini saat menjalani sesi bincang-bincang dengan media siniar asal Belanda, 433, beberapa waktu lalu.

“Saya sekarang masih bermain di Persib. Saya pikir itu merupakan klub terbesar di Indonesia. Saya masih memiliki mimpi untuk bermain ke luar negeri,” ujar Marc Klok.

“Mungkin bermain di Jepang atau Thailand sebagai langkah selanjutnya bagi karier saya. Hal itu untuk memberikan tantangan kepada diri saya dan untuk bermain di level yang lebih baik,” tambahnya.

Marc Klok saat ini tengah menikmati karier bersama Persib Bandung yang untuk sementara memuncaki klasemen BRI Liga 1 2022-2023 setelah mencatatkan 14 laga tak terkalahkan di bawah pelatih Luis Milla.

Selain tampil di tim besar seperti Persib, Klok juga merupakan andalan Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong. Dia tercatat sudah tampil 11 kali dengan koleksi 4 gol.

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga klub Liga Jepang yang berpeluang besar menjadi pelabuhan baru Marc Klok.

1. Consadole Sapporo

Salah satu klub kasta tertinggi Liga Jepang yang punya potensi besar untuk menjadi tujuan Marc Klok ialah Consadole Sapporo.

Klub yang saat ini berkompetisi di J1 League itu memang punya rekam jejak untuk mendatangkan pemain naturalisasi Indonesia.

Sebelum Marc Klok, sudah ada pemain kelahiran Belanda lainnya yang pernah singgah di klub ini, yakni Irfan Bachdim (2014-2016) dan Stefano Lilipaly (2013).

2. Cerezo Osaka

Klub kasta tertinggi lainnya yang juga bisa dipertimbangkan ialah Cerezo Osaka. Tim yang satu basis dengan Gamba Osaka ini punya latar belakang menjadi tujuan pemain asal Asia Tenggara.

Beberapa nama pemain Thailand memang pernah singgah di klub ini. Mulai dari Chaowat Veerachat (2018), Phongrawit Jantawong (2019), hingga Tawan Khotrsupho (2019).

Sementara itu, pemain asal Vietnam yang pernah singgah di klub ini ialah Dang Van Lam, mulai dari medio 2021 hingga sekarang

3. Mito Hollyhock

Apabila kriterianya berubah menjadi klub kasta kedua, salah satu yang bisa menjadi alternatif Marc Klok ialah Mito Hollyhock.

Pasalnya, klub yang berkompetisi di J2 League ini juga punya sejarah dengan beberapa pemain asal Asia Tenggara.

Beberapa nama pemain ASEAN yang pernah merumput bersama klub ini ialah Jefferson Tabinas (2017-sekarang) hingga pemain Vietnam, Nguyen Cong Phuong (2016).

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak