3 Pelatih Asing yang Bersaing di Papan Atas BRI Liga 1 2022/2023, Siapa Juaranya?

Tiga pelatih asing memperebutkan gelar juara.

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Senin, 06 Februari 2023 | 19:00 WIB
Pelatih tim Liga 1 Indonesia Persib Luis Milla. (HO/Persib.co.id)

Pelatih tim Liga 1 Indonesia Persib Luis Milla. (HO/Persib.co.id)

Gol.bolatimes.com - Persaingan di papan atas BRI Liga 1 2022/23 semakin seru dengan munculnya Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar sebagai calon kuat peraih gelar juara.

Keberhasilan tiga tim ini menghuni papan atas serta bersaing gelar juara menjadi bukti dari kualitas dan racikan para pelatih-pelatih dengan CV mentereng. 

Fakta menariknya, semua pelatih di tiga tim teratas Liga 1 musim ini adalah para pelatih asing. Ini menunjukkan bahwa kualitas pelatih asing masih menjadi kepercayaan mayoritas tim.

Di peringkat pertama klasemen ada Persib Bandung dengan koleksi 45 poin yang sekarang dilatih oleh Luis Milla. Maung Bandung unggul satu poin dan satu pertandingan atas Persija Jakarta di peringkat kedua.

Persija yang dilatih oleh Thomas Doll, juga perlahan tapi pasti mulai menunjukkan konsistensi. Mereka merangsek dari papan tengah hingga kini bisa menjadi kandidat peraih gelar juara.

Kemudian di peringkat ketiga ada PSM Makassar dengan koleksi poin yang sama dengan Persija, tapi kalah head to head dari Macan Kemayoran.

1. Luis Milla

Luis Milla mulai memimpin latihan Persib Bandung pada Kamis (1/9/2022). (Dok. Liga Indonesia Baru)
Luis Milla mulai memimpin latihan Persib Bandung pada Kamis (1/9/2022). (Dok. Liga Indonesia Baru)

Luis Milla, misalnya. Meski ia pernah menjadi pelatih Timnas Indonesia dari 2017-2018, ini menjadi musim pertamanya menangani tim Liga 1.

Eks pelatih Spanyol U-21 tersebut terbukti mampu mendongkrak performa Persib pasca hengkangnya Robert Rene Alberts. Dari 14 pertandingan di bawah arahan Milla, Persib tak pernah kalah dengan catatan 12 kemenangan dan 2 kali imbang.

2. Thomas Doll

Thomas Doll saat masih menjadi pelatih APOEL Nicosia pada pertandingan sepak bola playoff Liga Champions UEFA antara APOEL Nicosia dan Ajax Amsterdam di stadion GSP di Nicosia pada 20 Agustus 2019. (AFP)
Pelatih Persija Jakarta Thomas Doll saat masih menjadi pelatih APOEL Nicosia pada pertandingan sepak bola playoff Liga Champions UEFA antara APOEL Nicosia dan Ajax Amsterdam di stadion GSP di Nicosia pada 20 Agustus 2019. (AFP)

Sementara Persija dilatih oleh Thomas Doll yang punya pengalaman luar biasa di Eropa. Thomas Doll yang merupakan mantan pelatih Borussia Dortmund dan tim-tim Eropa lainnya.

Dari racikan tangan pelatih asal Jerman itu, karakter pemain Persija Jakarta langsung direvolusi. Banyak pemain-pemain muda Persija yang diorbitkan dan kemampuan para pemain semakin menonjol di bawah arahannya.

3. Bernardo Tavares

Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares. (Dok PSM Makassar)
Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares. (Dok PSM Makassar)

Kemudian ada Bernardo Tavares yang menangani PSM. Ia merupakan pelatih yang punya pengalaman di berbagai negara seperti Portugal, Oman, dan Bahrain.

Meski merupakan kali pertama melatih di Indonesia, Bernardo Tavares mampu membawa PSM yang sempat diragukan di Liga 1 2022/23, kini menjadi pesaing meraih gelar juara.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak