3 Pemain Tajikistan yang Patut Diwaspadai Timnas Indonesia di FIFA Matchday, Salah Satunya Eks Persebaya Surabaya

Timnas Indonesia akan melawan Tajikistan pada FIFA Matchday Maret 2023. Inilah tiga pemain Tajikistan yang perlu diwaspadai

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Rabu, 08 Februari 2023 | 19:18 WIB
Gelandang Sharjah Abdullah Kazim (kanan) menarik baju pemain depan Istiklol Manuchekhr Dzhalilov (tengah) selama pertandingan Grup A Liga Champions AFC pada 27 April 2022, di stadion King Fahd di ibukota Saudi, Riyadh. (AFP)

Gelandang Sharjah Abdullah Kazim (kanan) menarik baju pemain depan Istiklol Manuchekhr Dzhalilov (tengah) selama pertandingan Grup A Liga Champions AFC pada 27 April 2022, di stadion King Fahd di ibukota Saudi, Riyadh. (AFP)

Gol.bolatimes.com - Sejumlah nama pemain Timnas Tajikistan patut mendapat perhatian khusus mengingat mereka akan menjadi lawan tanding Timnas Indonesia pada ajang FIFA Matchday 2023.

Sebagai informasi, munculnya nama Tajikistan sebagai lawan pada ajang FIFA Matchday periode Maret 2023 ini sempat diutarakan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong menyebut, sejauh ini memang belum ada kepastian 100% soal lawan. Namun, ada dua negara yang menjadi kandidat untuk dihadapi skuad Garuda pada FIFA Matchday periode Maret 2023.

"Kita masih menentukan tapi memang 100 persen untuk itu [FIFA matchday]. Tapi sepertinya Bolivia atau Tajikistan yang akan menjadi lawan," terang Shin Tae-yong, Rabu (8/2/2023).

Jika Tajikistan menjadi lawan Timnas Indonesia, tentu saja Shin Tae-yong harus mulai memetakan nama-nama pemain lawan yang patut mendapatkan perhatian khusus.

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga nama pemain Timnas Tajikistan yang patut diantisipasi oleh Timnas Indonesia seandainya berjumpa pada laga FIFA Matchday periode Maret 2023.

1. Parvizdzhon Umarbaev (CSKA 1948) 

Timnas Indonesia tentu wajib memberikan perhatian khusus terhadap sektor lini tengah Timnas Uzbekistan yang bakal diperkuat Parvizdzhon Umarbaev.

Gelandang berusia 28 tahun ini punya rekam jejak yang sangat mentereng. Apalagi, saat ini dia berkarier di kasta tertinggi Liga Bulgaria bersama CSKA 1948.

Sejauh ini, Umarbaev sudah mencetak tujuh gol dari 36 aksinya bersama Tajikistan. Untuk diketahui, pemain ini juga sempat memperkuat Timnas Rusia U-19.

Dia memang pernah memperkuat beberapa klub Rusia, mulai dari Neftekhimik hingga Rubin Kazan.

2. Akhtam Nazarov (FK Andijon) 

Sektor pertahanan juga menjadi salah satu sisi yang patut diwaspadai Timnas Indonesia. Pasalnya, Tajikistan memiliki sosok pemain bernama Akhtam Nazarov.

Bek kiri berusia 30 tahun ini menjadi salah satu nama pemain yang juga berkarier di luar negeri. Saat ini, dia berkarier di kasta tertinggi Liga Uzbekistan bersama FK Andijon.

Sebagai salah satu pemain senior, Nazarov juga berstatus sebagai kapten di Timnas Uzbekistan. Sampai saat ini, dia sudah mencatatkan total 68 penampilan dan menyumbang lima assist di level internasional.

3. Manuchekhr Dzhalilov (Istiqlol Dushanbe)

Manuchekhr Dzhalilov barangkali menjadi salah satu pemain yang paling akrab di telinga publik pencinta sepak bola Indonesia.

Pasalnya, penyerang berusia 32 tahun ini sudah pernah berkarier di Indonesia, tepatnya bersama Sriwijaya FC (2017-2019) dan Persebaya Surabaya (2019-2020).

Pemain yang kini merumput bersama Istiqlol Dushanbe itu memang menjadi salah satu senjata paling berbahaya yang dimiliki Timnas Tajikistan.
Sebab, sampai saat ini striker berpostur 175 cm itu sudah mengoleksi total 20 gol dari 47 penampilan internasionalnya.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak