Mengukur Keputusan Marselino Ferdinan Bela Timnas Indonesia U-20, Mepetnya Waktu Latihan dan Adaptasi di KMSK Deinze

Marselino Ferdinan masih terhitung baru beberapa hari di KMSK Deinze sejak dikenalkan klub pada 1 Februari 2023 lalu.

Muhammad Ilham Baktora | BolaTimes.com
Kamis, 09 Februari 2023 | 09:00 WIB
Marselino Ferdinan melakukan selebrasi usai mencetak gol saat masih berseragam Persebaya Surabaya. (Instagram/@officialpersebaya)

Marselino Ferdinan melakukan selebrasi usai mencetak gol saat masih berseragam Persebaya Surabaya. (Instagram/@officialpersebaya)

Gol.bolatimes.com - Marselino Ferdinan, bintang muda Timnas Indonesia menjadi sorotan akhir-akhir ini. Tak hanya soal kepindahannya ke klub Belgia, tapi juga soal keputusannya untuk membela Timnas Indonesia U-20 di ajang Piala Asia dan Piala Dunia U-20 mendatang.

Marselino Ferdinan baru saja resmi dikenalkan KMS Deinze, klub divisi kedua Liga Belgia pada 1 Februari 2023 lalu. Pemain 18 tahun ini dikontrak setahun hingga Juni 2024 mendatang.

Sebuah prestasi cukup bagus untuk pemain belia seperti dirinya. Sebagai abroad, tentu Marselino memiliki pengalaman besar bertarung di level Eropa.

Baca Juga: Setuju dengan Shin Tae-yong, Indra Sjafri Nilai Marselino Ferdinan Terburu-buru ke Eropa

Kendati begitu, kepindahannya ke KMSK Deinze, membuat salah satu pelatih di Indonesia kecewa. Shin Tae-yong yang disebut-sebut menjadikan Marselino anak emasnya sedikit gelisah dengan kepindahan mantan pemain sayap Persebaya Surabaya itu.

Bukan tanpa alasan, Shin Tae-yong mengaku bahwa polesannya kepada Marselino Ferdinan masih bertahap. Bahkan ia menjanjikan sebuah nilai atau harga tawarnya lebih tinggi ketika selesai membela Timnas U-20 di Piala Dunia U-20.

Bisa jadi Marselino Ferdinan punya langkah sendiri untuk membangun karier sepak bolanya. Tidak salah memang, namun Shin Tae-yong, bahkan PSSI sendiri berharap Marselino bisa membela Timnas Indonesia U-20 dahulu sebelum memutuskan berkarier di Eropa.

Baca Juga: 3 Sikap Shin Tae-yong yang Sedang Jadi Sorotan, Terbaru Paksa Marselino Ikut TC

Menghitung keputusan Marselino Ferdinan untuk membela skuad Garuda Nusantara berada di pribadi pemain itu sendiri. Namun sejumlah ajakan termasuk harapan tim pelatih hingga PSSI menjadi doa agar Marselino kembali ke tanah air sementara waktu.

Pemain muda Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan resmi direkrut klub Belgia, KMSK Deinz. (Instagram/@marselinoferdinan10)
Pemain muda Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan resmi direkrut klub Belgia, KMSK Deinz. (Instagram/@marselinoferdinan10)

"Ya kita kan perlu lihat situasi Marselino di sana. Memang harapan kita dia bisa secepatnya bergabung ke Timnas karena Piala Asia U-20 2023 segera dimulai," terang Asisten Pelatih Timnas U-20 Indonesia, Nova Arianto.

Tak hanya dari tim pelatih, Ketum PSSI Mochamad Iriawan juga berharap sama. Pemain seperti Marselino Ferdinan termasuk Ronaldo Kwateh yang saat ini menjalani trial di Turki bisa ikut berlatih.

Baca Juga: Klaim Shin Tae-yong, Harga Pasar Marselino Ferdinan Naik Andai ke Eropa usai Piala Dunia U-20

"Marselino dan Ronaldo Kwateh di luar negeri. Itu keputusannya ke sana, tapi kita harap bisa segera berlatih di Indonesia," kata Iriawan melansir dari Suara.com, Kamis (9/2/2023).

Marselino Ferdinan masih terhitung baru beberapa hari di KMSK Deinze. Ia juga sudah terlihat berlatih bersama rekan barunya di sana.

Berkas administrasi kepindahannya juga belum seutuhnya rampung. Hal itu juga dikatakan Direktur Olahraga KMSK Deinze, Adrian Esparraga.

"Bisa jadi 10-15 hari berkas itu selesai. Setelah itu, Marselino bisa menjadi pilihan pelatih apakah akan memainkannya atau tidak," ungkap dia.

Marselino Ferdinan juga dirumorkan menjalani debut bersama klub pada 12 Februari 2023 saat timnya menghadapi RSCA Fentures. Sehingga kesempatan besar ini menjadi langkah Marselino untuk menunjukkan kemampuannya.

Di sisi lain, pemusatan pelatih Timnas Indonesia U-20 juga dikejar waktu. Sebelum Maret, setidaknya skuad asuhan Shin Tae-yong harus terbang ke Uzbekistan.

Sehingga waktu Marselino Ferdinan untuk merapat ke tanah air untuk berlatih cukup mepet. Hal itu bisa menjadi tak maksimalnya performa pemain karena harus beradaptasi dengan pemain yang sudah lebih dulu menjalani TC.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak