PSSI Terus Rayu Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh Gabung TC Timnas Indonesia U-20

PSSI lobi pihak Marselino dan Ronaldo.

Jum'at, 10 Februari 2023 | 13:45 WIB
Dua penggawa timnas Indonesia U-19, Ronaldo Kwateh (kiri) dan Marselino Ferdinan pasca kemenangan Garuda Nusantara atas Brunei Darussalam dengan skor 7-0 dalam matchday kedua Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Senin (4/7/2022). [PSSI]

Dua penggawa timnas Indonesia U-19, Ronaldo Kwateh (kiri) dan Marselino Ferdinan pasca kemenangan Garuda Nusantara atas Brunei Darussalam dengan skor 7-0 dalam matchday kedua Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Senin (4/7/2022). [PSSI]

Gol.bolatimes.com - PSSI terus melakukan lobi kepada Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh agar mau bergabung ke pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-20. Berbagai cara dilakukan.

Tak hanya berkirim surat ke klub, PSSI juga berkomunikasi dengan agen Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh yang kini berada di luar negeri.

"Kami komunikasi hampir setiap hari. Kita jalin bagaimana supaya ini semuanya datang termasuk saya mulai bicara dengan agennya Marselino. Kita akan bersurat ke klub Marsel dan Ronaldo," kata Direktur Tekni PSSI Indra Sjafri di SUGBK, Kamis (9/2/2023).

Diketahui TC Timnas Indonesia U-20 digelar dengan formasi yang belum lengkap. Hingga Kamis (9/2/2023), baru 21 pemain yang merapat, 9 lainnya belum bergabung.

Ada dua tim yang belum melepas pemainnya yakni Persija Jakarta dan Persib Bandung karena masih mengikuti agenda di BRI Liga 1 2022/2023.

Persija belum melepas empat dari sembilan pemainnya ke TC Timnas Indonesia U-20. Mereka adalah Alfriyanto Nico, Muhammad Ferarri, Cahya Supriadi, dan Dony Tri Pamungkas.

Sedangkan tiga pemain dari Persib Bandung juga belum bergabung. Mereka adalah Kakang Rudianto, Ferdiansyah dan Robi Darwis.

Indra Sjafri paham apa yang menjadi kesulitan Persija. Namun, ia memohon karena ini merupakan kepentingan tim nasional yang akan berlaga di Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20 2023.

Indra Sjafri mengatakan terus berkomunikasi dengan Persija perihal masalah ini termasuk Marselino dan Ronaldo. Namun, ia tak bisa memastikan kapan pemain-pemain ini akan bergabung.

"Saya tidak bisa (memastikan), soalnya perkembangan dari hari ke hari dinamis banget. Kemarin saya dilapor Nova (Arianto) bahwa sudah oke tapi ada beberapa pemain yang, Cahya, dia harus masuk H-1 sebelum pertandingan. Tapi belum juga masuk yang lain," sambungnya.

Perihal klub belum melepas pemain bahkan sampai ke telinga Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali. Lelaki asal Gorontalo itu mengimbau agar klub melepas pemainnya demi kepentingan negara.

Lantas, apakah pernyataan Menpora Zainudin Amali bakal dipakai PSSI menjadi senjata saat berkomunikasi lagi dengan Persija? Indra Sjafri mengaku tidak perlu melakukannya.

"Tidak usah. Kan pak menteri dalam konteks kita punya perhelatan yang begitu besar. Beliau minta semuanya harus mendukung," terang Indra Sjafri.

"Itu wajar kan. Kita saja ingin banget sukses. Apalagi beliau sebagai orang yang bertanggung jawab di olahraga," pungkasnya.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak