Line Up Timnas Indonesia U-20 Langganan Shin Tae-yong, Berubah Usai Marselino dan Ronaldo Abroad?

Inilah line up Timnas Indonesia U-20 yang kerap dipilih Shin Tae-yong.

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Sabtu, 11 Februari 2023 | 14:00 WIB
Selebrasi Marselino Fedinan usai mencetak gol ke gawang Vietnam di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. (Dok. PSSI)

Selebrasi Marselino Fedinan usai mencetak gol ke gawang Vietnam di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. (Dok. PSSI)

Gol.bolatimes.com - Mengupas starting line up Timnas Indonesia U-20 langganan Shin Tae-yong. Akankah berubah usai Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh berkarier di luar negeri atau abroad?

Saat ini, Shin Tae-yong tengah menggelar pemusatan latihan atau TC untuk Timnas Indonesia U-20 jelang partisipasinya di dua ajang bergengsi, yakni Piala Asia U-20 2023 dan Piala Dunia U-20 2023.

Dua ajang bergengsi ini masing-masing digelar di bulan Maret untuk Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan dan Mei-Juni untuk Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.

Timnas Indonesia U-20 pun akan berlaga pada dua ajang tersebut dan kini tengah mempersiapkan diri agar siap menghadapi dua kompetisi bergengsi itu.

Akan tetapi, persiapan ini terganjal oleh satu masalah, yakni banyaknya pemain yang belum bergabung dalam pemusatan latihan.

Para pemain ini belum bergabung karena masih diandalkan oleh klubnya masing-masing, baik di kancah Liga 1 maupun di luar negeri.

Apes bagi Shin Tae-yong, para pemain yang belum bergabung TC kali ini kebanyakan para pemain yang kerap dijadikan starter atau masuk Starting Line Up nya di Timnas Indonesia U-20.

Berikut starting line up andalan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20:

Cahya Supriadi; Muhammad Ferarri, Kakang Rudianto, Frengky Missa; Arkhan Fikri, Marselino Ferdinan, Robby Darwis, Zanadin Fariz; Alfriyanto Nico, Hokky Caraka, Ronaldo Kwateh.

Bakal Berubah Usai Marselino dan Ronaldo Abroad?

Dari 11 pemain yang jadi andalan Shin Tae-yong itu di Timnas Indonesia U-20, baru lima pemain saja yang bergabung, yakni Frengky Missa, Arkhan Firki, Robby Darwis, Zanadin Fariz, dan Hokky Caraka.

Sedangkan enam pemain lainnya seperti Cahya, Ferarri, Kakang, Alfriyanto Nico, Marselino, dan Ronaldo Kwateh, belum hadir.

Dari enam pemain tersebut, empat nama pertama belum dilepas oleh klubnya di Liga 1 yakni Persija Jakarta dan Persib Bandung. Kemungkinan keempat pemain itu akan dilepas oleh klubnya dalam waktu dekat.

Sedangkan Marselino dan Ronaldo tengah meniti karier di luar negeri atau abroad, yakni bersama tim kasta kedua Belgia, KMSK Deinze dan tim kasta kedua Turki, Bodrumspor.

Dengan kondisi ini, besar kemungkinan Marselino dan Ronaldo tak akan bergabung TC dan bisa saja absen dari gelaran Piala Asia U-20 2023 nanti, mengingat gelaran ini tak masuk kalender FIFA.

Karena tak masuk kalender FIFA, maka pihak klub Marselino dan Ronaldo bisa menolak pemanggilan terhadap dua pemainnya tersebut.

Dengan kemungkinan tak bergabungnya Marselino dan Ronaldo dalam TC ataupun pada gelaran Piala Asia U-20 2023, maka Shin Tae-yong pun harus siap mengubah formasinya dan Starting Line Up nya.

Juru taktik asal Korea Selatan itu mau tak mau harus menggantikan peran Marselino di lini tengah dan peran Ronaldo sebagai winger kiri dengan pemain baru.

Dari sekian nama di TC kali ini, peran Marselino mungkin bisa digantikan oleh gelandang milik Persik Kediri, Ahmad Raia Irvanza yang mampu mencetak tujuh gol dari 15 laga bersama Persik Kediri U-18.

Lalu untuk peran Ronaldo Kwateh, Shin Tae-yong memiliki opsi baru pada diri Hugo Samir yang merupakan anak dari Jacksen F Tiago.

Tak ayal, perubahan pun kemungkinan besar terjadi di kubu Timnas Indonesia U-20, jika Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh tak bisa bergabung untuk TC ataupun absen di Piala Asia U-20 2023.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak