Profil Bodrumspor AS, Klub Baru Ronaldo Kwateh yang Berpeluang Promosi ke Kasta Tertinggi Liga Turki

Ronaldo Kwateh dipastikan bergabung klub Turki, Bodrumspor AS.

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Rabu, 15 Februari 2023 | 12:05 WIB
Ronaldo Kwateh dilaporkamn resmi gabung Bodrumspor AS. (Dok. PSSI dan TFF)

Ronaldo Kwateh dilaporkamn resmi gabung Bodrumspor AS. (Dok. PSSI dan TFF)

Gol.bolatimes.com - Penyerang Timnas Indonesia U-20, Ronaldo Kwateh, dikabarkan telah resmi bergabung dengan klub asal Turki, Bodrumspor AS, setelah meninggalkan Madura United.

Kabar bergabungnya Ronaldo Kwateh ke klub Liga Turki dibagikan oleh akun Twitter @theaseanball pada Selasa (14/2/2023). Pemain berusia 18 tahun ini dikontrak dua musim hingga 2025.

"Bakat Indonesia, Ronaldo Kwateh resmi bergabung dengan Bodrumspor, klub yang bermain di divisi dua Liga Sepak Bola Turki dengan kontrak selama 2 musim hingga 2025," tulis laporan tersebut.

Melansir dari laman resmi Liga Turki, tff.org, pada Selasa (14/2/2023), Ronaldo Kwateh juga sudah terdaftar sebagai pemain baru Bodrumspor.

Dalam data tersebut, kontrak pemain Madura United ini dimulai sejak 8 Februari 2023. Anak dari Roberto Kwateh ini bakal diikat dengan durasi kontrak 1,5 musim hingga 31 Mei 2025 mendatang.

Lalu, bagaimana latar belakang Bodrumspor AS yang kini menjadi pelabuhan baru Ronaldo Kwateh selepas meninggalkan Madura United tersebut.

Berikut Bolatimes.com menyajikan profil Bodrumspor AS, klub asal Turki yang disebut-sebut menjadi pelabuhan baru Ronaldo Joybera Kwateh.

Profil Bodrumspor AS

Sebagai informasi, Bodrumspor merupakan sebuah klub sepak bola asal Turki yang berbasis di Kota Bodrum. Klub ini sudah berusia 92 tahun sejak pertama kali dibentuk pada tahun 1931.

Jika menilik sejarah kemunculannya, Bodrumspor memang sudah menjadi nama pertama yang digunakan klub ini saat dibentuk oleh Dervis Gogrun pada 1931. 

Dervis Gorgun memang menjadi salah satu pesepak bola yang bermain untuk klub tersebut. Mereka menghabiskan masa-masa awal dengan berstatus sebagai klub amatir.

Sejak berhasil promosi ke TFF Third League alias kompetisi kasta keempat di sistem sepak bola Turki, Bodrumspor mulai bertransformasi menjadi klub profesional.

Pada musim 2012/2013, dengan bantuan pemerintah Kota Bodrum, mereka sempat mengubah namanya menjadi Bodrum Belediyesi Bodrumspor dan sukses promosi ke TFF Third League pada 2014/2015.

Salah satu pencapaian terbaik Bodrumspor ialah merebut tiket promosi ke TFF First League alias kompetisi kasta kedua di sistem sepak bola Turki.

Ketika itu, mereka berhasil menduduki peringkat ketiga di kompetisi TFF Second League atau kasta ketiga di Turki.

Untuk musim ini, Bodrumspor berada di peringkat ketiga klasemen sementara TFF First League 2022-2023 dengan koleksi 38 poin dari 21 pertandingan.

Catatan ini memang terhitung impresif jika mempertimbangkan persaingan ketat yang tersaji. Sebab, mereka bisa saja merebut posisi puncak dari Samsunspor yang mengoleksi 32 poin dari 22 laga.

Dengan kata lain, Ronaldo Kwateh memiliki peluang besar untuk membantu Bodrumspor meraih tiket promosi ke kasta tertinggi pada akhir musim ini.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak