Cerita Erick Thohir Kunjungi Wasit Liga 2 yang Jualan Kembang Tahu Gegara Kompetisi Mandek

Ketum PSSI, Erick Thohir berkesempatan mengunjungi salah satu wasit Liga 2 bernama Rohadi yang kini jualan kembang tahun akibat kompetisi mandek.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Minggu, 19 Februari 2023 | 11:09 WIB
Momen Erick Thohir kunjungi wasit Liga 2 yang jualan kembang tahun. (Twitter/PangeranSiahaan)

Momen Erick Thohir kunjungi wasit Liga 2 yang jualan kembang tahun. (Twitter/PangeranSiahaan)

Gol.bolatimes.com - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir berkesempatan mengunjungi salah satu wasit Liga 2 yang terdampak akibat kompetisi mandek. Ia mengisahkan, wasit tersebut harus jualan kembang tahun untuk bertahan hidup.

Menurut Erick Thohir, kesejahteraan wasit patut ditingkatkan terutama di level Liga 2 ke bawah. Pendapatan mereka tidak cukup memenuhi kebutuhan sehari-hari terlebih kompetisi saat ini tidak berjalan.

Eks presiden Inter Milan itu berkesempatan mengunjungi kediaman salah satu wasit Liga 2. Ia menyebut wasit tersebut berjualan kembang tahu, sementara dari pertandingan mendapatkan Rp5,5 juta.

Baca Juga: Fisik Amburadul, Ronaldo Kwateh Dipastikan Tak Tampil di Turnamen Mini

"Saya ketemu wasit Liga 2 yang namanya Rohadi, rumahnya kecil dagang apa? kembang tahu. Kalau kita mau bicara perbaikan sistem perwasitan nasional, wasitnya kita perhatikan dulu, ini nadi kunci, mereka wasit Liga 2 itu sekali tiup (pertandingan) Rp5,5 juta," kata Erick Thohir di GBK Arena, Jakarta, Sabtu (18/2/2023).

"Artinya apa? minimal mereka harus bisa niup 12-15 kali per musim, gak 5-7 kali, ini kita akan perbaiki, belum lagi pak menpora (Zainudin Amali) bilang ayo kita berikan asuransi, kita kasih asuransi nanti, tapi kan kembali, kalo liganya ga jalan," jelasnya.

Oleh sebab itu, Erick meminta seluruh pihak bisa mendukung satu sama lain supaya kompetisi bisa berjalan. Terutama suporter agar bisa membantu PSSI memajukan sepak bola.

Baca Juga: Debut Menyakitkan Elkan Baggott, Cheltenham Town FC Dibantai 4-0

"Wasit juga dia jual kembang tahu, per bulan pendapatan 200 ribu, istrinya bekerja sebagai guru Paud untuk tambahan, gajinya Rp900 rb per bulan, ayo kita kasih empati, jgn selalu nyalahin wasit, wasit dan wasit," jelasnya.

"Tapi kita tak hadir di belakang mereka untuk menjaga mereka, ketika mereka di lapangan, mereka bisa jadi tumbang, artinya apa? yes teknologi, tapi teknologi tanpa manusianya sama aja bohong, karena itu kita akan mendorong perbaikan perwasitan, sistem pertandingan, baru kita hitung-hitungan VAR," pungkasnya.

Erick Thohir terpilih sebagai ketua umum PSSI periode 2023-2027 dalam Kongres Luar Biasa (KLB), Kamis (17/3/2023). Zainudin Amali dan Ratu Tisha Destria terpilih sebagai wakil.

Baca Juga: Saingi Emir Qatar, Miliader Inggris Sir Jim Ratcliffe Juga Ajukan Penawaran untuk Akusisi Manchester United

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak