3 Alasan Dony Tri Pamungkas Layak Dibawa Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia Senior

Pratama Arhan kini punya penerus sekaligus pesaing di Timnas Indonesia, yakni Dony Tri Pamungkas. Secara skill tak kalah

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Rabu, 22 Februari 2023 | 20:00 WIB
Bek Timnas Indonesia U-20, Dony Tri Pamungkas, dalam pertandingan melawan Guatemala. (Dok. PSSI)

Bek Timnas Indonesia U-20, Dony Tri Pamungkas, dalam pertandingan melawan Guatemala. (Dok. PSSI)

Gol.bolatimes.com - Pemain Persija Jakarta, Dony Tri Pamungkas, menampilkan performa yang luar biasa ketika mendapat kesempatan bermain dari Shin Tae-yong untuk mengisi sektor wingback kiri Timnas Indonesia U-20.

Dony Tri Pamungkas mampu menjalankan tugasnya dengan baik meskipun dia harus bermain di posisi yang bukan aslinya. Shin Tae-yong tampaknya melihat potensi besar dari pemain tersebut.

Bahkan, salah satu komentator ternama di Indonesia, Hadi Gunawan, turut memberikan komentar positif atas performa Dony Tri Pamungkas.

Hadi Gunawan mengatakan, Dony Tri Pamungkas merupakan seorang bek kiri muda yang sangat langka di Indonesia. Sebab, sepanjang pengalamannya melihat sepak bola Indonesia, Dony adalah salah satu bek kiri yang punya kualitas luar biasa.

“Selama nonton bola nasional, jujur saja baru kali ini melihat bek kiri Indonesia bermain layaknya bek kiri Eropa, yakni Dony Tri Pamungkas,” tulis Hadi Gunawan via akun Twitter-nya, Selasa (21/2/2023).

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga alasan yang membuat Dony Tri Pamungkas layak dipanggil Shin Tae-yong untuk bermain di Timnas Indonesia level senior.

1. Tampil Cukup Reguler di Persija

Salah satu alasan yang membuat Shin Tae-yong patut menguji kualitas Dony Tri Pamungkas untuk bermain di Timnas Indonesia level senior ialah jam terbangnya di level klub.

Dony sejauh ini sudah berhasil mencatatkan 19 pertandingan bersama Persija Jakarta sejak membukukan debutnya di Liga 1 musim lalu.

Untuk musim ini saja, pemain berusia 18 tahun itu sudah berhasil mengoleksi sembilan penampilan dan menyumbang dua assist.

2. Punya Kepercayaan Diri

Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll, juga mengakui bahwa Dony punya banyak modal besar untuk menjadi pesepak bola hebat di masa depan.

Menurutnya, pemain asal Boyolali, Jawa Tengah, ini memiliki kepercayaan diri meskipun usianya relatif sangat muda.

Karakter semacam inilah yang dibutuhkan oleh pesepak bola muda untuk bisa meningkatkan kualitasnya sehingga terus berkembang.

“Dia juga punya karakter yang fantastis. Dia juga punya kepercayaan diri yang baik dan terlihat dia sangat ingin terus berkembang," kata Thomas Doll.

3. Tingkatkan Jam Terbang

Para pemain muda yang menjadi andalan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 memang mulai mendapatkan kepercayaan untuk promosi ke level yang lebih tinggi.

Hal itu sempat terjadi pada Marselino Ferdinan, Muhammad Ferarri, dan Dzaky Asraf, yang diajak untuk ikut TC Timnas Indonesia persiapan Piala AFF 2022. Namun, hanya Marselino yang sukses lolos seleksi.

Dony Tri layak mendapatkan kesempatan serupa agar bisa mendapatkan jam terbang yang lebih tinggi dan belajar dari para seniornya di skuad Garuda level senior.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak