Deretan Pemain Timnas Indonesia yang Jadi Korban Ketegasan Shin Tae-yong, Mayoritas Kini Kariernya Redup

Berikut deretan pemain Timnas Indonesia yang dicoret Shin Tae-yong karena sejumlah kasus.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Kamis, 23 Februari 2023 | 14:34 WIB
Mochamad Yudha Febrian. (Instagram/febrian13yudhaa)

Mochamad Yudha Febrian. (Instagram/febrian13yudhaa)

Gol.bolatimes.com - Berikut ini deretan pemain yang pernah menjadi korban ketegasan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, di mana sebagian besar harus merasakan kariernya meredup.

Sejak ditunjuk PSSI pada akhir tahun 2019, Shin Tae-yong diberikan mandat untuk menukangi tiga level Timnas Indonesia, yakni U-19, U-23, dan senior.

Jabatan itu bahkan masih diembannya hingga memasuki tahun terakhir kontraknya yang akan habis pada Desember 2023 mendatang.

Baca Juga: Kim Pan-gon Ajukan Tawaran Duel ke Korea Selatan, Bisa Ditiru Shin Tae-yong Demi Timnas Indonesia Punya Lawan

Dalam perjalanannya menukangi tiga level Timnas Indonesia tersebut, juru taktik asal Korea Selatan ini digambarkan sebagai sosok yang tegas.

Pelatih berusia 52 tahun itu bahkan tak segan menendang atau mendepak pemain yang tak sepaham dengannya atau jika pemain tersebut berbuat salah.

Kebanyakan para pemain yang ditendang Shin Tae-yong selama menukangi Timnas Indonesia ini melakukan kesalahan karena melakukan tindakan indisipliner.

Baca Juga: Rajin Panaskan Mesin Tapi Gagal Menang, Timnas Indonesia U-20 Dibandingkan dengan Vietnam

Lantas siapa saja pemain yang pernah merasakan ketegasan Shin Tae-yong selama menukangi Timnas Indonesia? Berikut daftarnya.

1. Yudha Febrian

Yudha Febrian merupakan mantan penggawa Timnas Indonesia U-19 yang pernah ditendang Shin Tae-yong karena tindakan indisipliner.

Baca Juga: Hasil 4 Klub Inggris di Leg Pertama Babak 16 Besar Liga Champions: Semua Merana, Liverpool Paling Sengsara

Ia didepak dari skuad karena pergi ke kelab malam saat dirinya menjalani pemusatan latihan. Kini, karier Yudha Febrian pun meredup, seiring banyaknya kasus yang ia terima di luar lapangan.

2. Nurhidayat Harris

Indonesia pernah memiliki bek masa depan pada diri Nurhidayat Harris. Tapi, tindakan indisipliner yang ia lakukan membuatnya didepak Shin Tae-yong dari Timnas Indonesia.

Baca Juga: Calon Lawan Timnas Indonesia di Piala Asia U-20 Tampil Perkasa saat Laga Uji Coba, Netizen Sarankan Ini ke Shin Tae-yong

Dengan embel-embel menjadi bek masa depan, Nurhidayat kini mendapati kariernya meredup, di mana ia sempat bermain di Liga 2 dan kini tercatat menjadi bagian Bhayangkara FC.

3. Serdy Ephy Fano

Sery Ephy Fano harus merasakan ketegasan Shin Tae-yong karena melakukan tindakan indisipliner bersama Yudha Febrian dengan pergi ke kelab malam.

Tak tanggung-tanggung, Serdy bahkan dicoret sebanyak dua kali, sehingga dirinya mendapat pemecatan dari klubnya, Bhayangkara FC.

4. Ahmad Afrid Rizal

Masih dari Timnas Indonesia U-19, ada nama Ahmad Afrid Rizal yang juga merasakan ketegasan Shin Tae-yong, dan berujung dirinya didepak.

Ia dicoret dan didepak karena dirinya ketiduran di kamar hotel sehingga telat bergabung latihan. Ia pun sempat mengakui kesalahannya tersebut.

5. Rifad Marasabessy

 Rifad Marasabessy merupakan pemain yang berposisi bek kanan dan sempat menjadi andalan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-19.

Akan tetapi, tindakan tak disiplinnya yang telah berkumpul di tempat latihan membuatnya kemudian didepak dan dicoret dari Timnas Indonesia U-19.

6. Osvaldo Haay

Dari Timnas Indonesia senior, ada nama Osvaldo Haay yang harus rela dirinya tak mendapat tempat lagi di tim Merah Putih.

Usut punya usut, Osvaldo Haay mangkir dari pemusatan latihan dengan alasan sakit. Alasan ini tak pernah sampai ke Shin Tae-yong, sehingga dirinya pun didepak dan tak pernah dipanggil.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak